OPTIMASI WAKTU HIJAU PERSIMPANGAN BERSINYAL DI WILAYAH PERKOTAAN
Studi Kasus Persimpangan Jalan Ir. H. Juanda–Siliwangi
Abstract views: 491 | pdf downloads: 542
Abstract
Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat yang kepadatan penduduknya terus meningkat setiap tahun. Kondisi ini berakibat terhadap peningkatan pergerakan masyarakat dan kemacetan lalu lintas pada jaringan jalan. Salah satu persimpangan jalan di kota Bandung yang sering mengalami kemacetan adalah pesimpangan jalan Ir. H. Juanda – Siliwangi. Permasalahan yang terjadi yaitu besarnya volume lalu lintas sehingga menyebabkan panjang antrian dan tundaaan yang besar. Usaha untuk menurunkan panjang antrian dan tundaan salah satunya dengan optimasi waktu hijau persimpangan bersinyal. Penilaian kinerja simpang dilakukan dengan alat bantu model mikrosimulasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat perubahan panjang antian dan tundaan setelah dilakukan optimasi waktu hijau yaitu terdapat penurunan panjang antrian dan tundaan pada jalan Ir. H. Juanda (utara) dan peningkatan panjang antrian dan tundaan pada jalan Ir. H. Juanda (selatan).
References
Halim, H., Mustari, I., & Zakariah, A. (2019). Analisis Kinerja Operasional Ruas Jalan Satu Arah dengan Menggunakan Mikrosimulasi Vissim (Studi Kasus: Jalan Masjid Raya di Kota Makassar). Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, 3(2).
Irawan, M. Z., & Putri, N. H. (2017). Kalibrasi Vissim Untuk Mikrosimulasi Arus Lalu Lintas Tercampur Pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Tugu, Yogyakarta). Jurnal Transportasi Multimoda, 13(3), 97-106.
Kumaravel, S. D., & Ayyagari, R. (2020). A Decentralized Signal Control for Non-Lane-Based Heterogeneous Traffic Under V2I Communication. IEEE Transactions on Intelligent Transportation Systems.
Maulana, A. (2017). Pengaruh Kebijakan ““4 in 1”” terhadap Kinerja Persimpangan Jl Dr. Djunjunan–Tol Pasteur dengan Menggunakan Simulasi Mikro. Rekayasa Hijau: Jurnal Teknologi Ramah Lingkungan, 1(1).
Maulana, A. (2017). Analisis Kinerja Bundaran dengan Menggunakan Simulasi mikro. Jurnal Kajian Teknik Sipil, 2(1), 31-39.
Maulana, A., & Nugraha, F. A. (2019). Studi Mikrosimulasi Penilaian Kinerja Persimpangan Bersinyal Jalan Ir. H Juanda-Cikapayang. Journal of Civil Engineering, 26(2), 183-188.
Minh, C. C., Sano, K., & Matsumoto, S. (2005). The speed, flow and headway analyses of motorcycle traffic. Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, 6, 1496-1508.
Oregon, D. O. T. (2011). Protocol for VISSIM simulation. Oregon Department of Transportation. Papageorgiou, M., Diakaki, C., Dinopoulou, V., Kotsialos, A., & Wang, Y.(2003). Review of road traffic control strategies. Proceedings of the IEEE, 91(12), 2043-2067.
Shahdah, U., Saccomanno, F., & Persaud, B. (2015). Application of traffic microsimulation for evaluating safety performance of urban signalized intersections. Transportation Research Part C: Emerging Technologies, 60, 96-104.
Susilo, B. H., & Imanuel, I. (2018). Analisis Lalu Lintas Penerapan Sistem Satu Arah di Kawasan Dukuh Atas, Jakarta. Jurnal Teknik Sipil, 14(2), 105-114.
Yang, Y., & Yang, G. (2016). Study of Intersection Optimization Near Transportation Hub Based on VISSIM. International Journal of Signal Processing, Image Processing and Pattern Recognition, 9(6), 323-332.
Vuong, X. C., Mou, R. F., Nguyen, H. S., & Vu, T. T. (2018, October). Signal Timing Optimization of Isolated Intersection for Mixed Traffic Flow in Hanoi City of Vietnam Using VISSIM. In International Conference on Smart Vehicular Technology, Transportation, Communication and Applications (pp. 133-139). Springer, Cham
Copyright (c) 2020 Jurnal Infrastruktur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.