Perancangan “ Game The Kabayan”
Abstract
Game The Kabayan merupakan game yang dibuat untuk melestarikan kembali budaya cerita rakyat yang ada di pulau Jawa Barat. Game ini dibuat di atas platform Android yang merupakan permainan sebuah puzzle dalam bentuk perancangan jalan yang kompleks dan memiliki banyak jalan buntu. Game ini mengusung tema dari cerita rakyat yang melegenda yaitu cerita Si Kabayan sebagai latar belakang ceritanya. Di game ini memiliki 6 buah pilihan cerita yang diambil dari buku cerita Si Kabayan, yang diantaranya adalah Si Kabayan, Si Kabayan dan Gadis, Si Kabayan Ngala Nangka, Si Kabayan Ngala Tutut dan Kelapa, Si Kabayan Jadi Wartawan dan Dukun, Si Kabayan Melamun. Setiap cerita masing masing memiliki beberapa level, level ini diambil dari potongan cerita yang telah dipilih dan potongan tersebut dijadikan sebagai petunjuk untuk misi apa yang akan dijalankan. Setelah mengetahui misi pemain harus menemukan jalan dari sebuah pintu masuk ke satu atau lebih pintu untuk mencapai tujuannya. Dalam merancang game ini dibuat dengan program Java Android menggunakan framework Laravel [9]. Dalam perancangan penulis menggunakan metode waterfall dan perancangan berorientasi objek menggunakan Diagram Unified Modelling Language (UML). Game ini memiliki fasilitas untuk membaca komik secara utuh, untuk membuka komik tersebut diharuskan telah memainkan cerita sampai selesai. Selain itu fasilitas yang disediakan antara lain ada fasilitas waktu bermain; yang akan membuat permainan berakhir jika waktu bermain telah habis.