PERANCANGAN MONITORING PENANGANAN MASALAH KUALITAS BARANG (STUDI KASUS : PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR)
Abstrak
Penelitian dilakukan pada perusahaan yang bergerak di bidang otomotif khusus memproduksi mobil. Perusahaan senantiasa menjaga kualitas produknya selama proses produksi untuk memuaskan pelanggan. Maka dari itu perlu dilakukan monitoring kualitas produknya secara terus menerus. Pada saat produksi sering terjadi ketidak sesuaian jumlah dan masalah kondisi fisik barang yang akan di produksi menjadi mobil berasal dari supplier. Oleh karenaitu dilakukan monitoring dan perbaikan melalui jawaban penanganan masalah dari Quality Engineering. Penulis menggunakan perancangan berorientasi objek Unified Modelling Language (UML) diantaranya adalah use case diagram dan class diagram. Sistem mengelola shift karyawan, barang, claim problem ke supplier. Pada pengelolaan claim problem dibedakan berdasarkan level LMK dimana kode merah berarti tiga hari, kuning lima hari dan putih tujuh hari penangannya. Agar masalah barang dari supplier mudah ditangani, pemasukan barang dan monitoringnya mudah dilakukan oleh karyawan serta update jawaban LMK dilakukan realtime oleh tim analisis.