MINAT MENJADI ECOPRENUENUER PADA REMAJA PENGELOLA GARDEN TARUNA TANI KECAMATAN KALISARI, JAKARTA TIMUR

  • Laili Savitri Noor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Bayu Retno Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Lies Putriana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/jrb.v6i2.4420
Abstract views: 126 | PDF downloads: 320

Abstract

Abstrak

Minat menjadi ecopreuneur merupakan hal yang harus diapresiasi, apalagi masih dalam kategori usia remaja, di mana banyak faktor yang dapat mempengaruhi dari sisi internal diri maupun dan faktor ekternal sehingga berpengaruh pada perilaku dan keputusannya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Persepsi dan Interaksi Sosial Masyarakat dengan Motivasi sebagai variabel mediasi terhadap Minat menjadi Ecopreuneur. Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif menggunakan SPSS. Hasil penelitian terhadap 40 orang pengurus menghasilkan Persepsi berpengaruh dan signifikan terhadap Motivasi, Persepsi berpengaruh dan signifikan terhadap Minat Menjadi Ecopreneur, Interaksi Sosial berpengaruh dan signifikan terhadap Motivasi, Interaksi Sosial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Minat Menjadi Ecopreneur, Motivasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Minat Menjadi Ecopreneur. Persepsi terhadap Minat Menjadi Ecopreneur bagi para pengurus karang taruna lebih besar berdasarkan persepsi mereka sendiri dari pada melalui dorongan motivasinya dan kemampuan berinteraksi dengan masyarakat merupakan dorongan yang lebih besar dari pada melalui motivasi bagi pengurus karang taruna untuk berminat menjadi Ecopreneur.

Keywords : Persepsi, Interaksi Sosial Masyarakat, Motivasi dan Minat menjadi Ecopreuneur

 

Abstract

Interest of becoming an ecopreneur is something that must be appreciated, especially still in the adolescent age category, where there are many factors that can influence both internal and external factors that affect their behavior and decisions. The purpose of this study was to determine the role of Community Social Perception and Interaction with Motivation as an intermediate variable on the interest of becoming an Ecopreneur. The data analysis technique was descriptive quantitative using SPSS. The results of the study of 40 administrators resulted in influential and significant perceptions of motivation, influential and significant perceptions of interest becoming an ecopreneur, social interaction and significant influence on motivation, social interaction had no and significant effect on interest of being an ecopreneur, motivation had no effect and no significant effect on motivation. Interest of becoming an Ecopreneur, Perception of Interest in becoming an Ecopreneur for youth organizations is greater based on their own perceptions than through their motivational impulses and the ability to interact with the community is a greater impetus than through motivation for youth organizations to be interested in becoming an Ecopreneur.

Keywords: Perception, Community Social Interaction, Motivation and Interest of becoming an Ecopreneur

Published
2023-04-17
How to Cite
Savitri Noor, L., Retno, B., & Putriana, L. (2023). MINAT MENJADI ECOPRENUENUER PADA REMAJA PENGELOLA GARDEN TARUNA TANI KECAMATAN KALISARI, JAKARTA TIMUR. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 6(2), 272-289. https://doi.org/10.35814/jrb.v6i2.4420
Section
Articles