Analisis Kualitas Layanan, Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Skrining Hiv Apotek X

Authors

  • Riri Paryati Universitas Pancasila
  • Maura Linda Sitanggang Universitas Pancasila
  • Lies Putriana Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.35814/jrb.v8i2.8394

Keywords:

Kualitas layanan, Citra perusahaan, Keputusan pembelian, Loyalitas pelanggan, Apotek, HIV

Abstract

Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan salah satu tantangan kesehatan global yang serius. Target global dan pemerintah untuk menanggulangi HIV/AIDS pada tahun 2030 dengan mencapai 95-95-95. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan citra perusahaan terhadap keputusan pembelian yang berdampak pada loyalitas pelanggan skrining HIV. Metode penelitian adalah cross sectional, jenis penelitian adalah kuantitatif yang dianalisis dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan software Smart-PLS 3,0 2022. Responden penelitian sebanyak 150 orang dari pelanggan skrining HIV di Apotek X. Hasil uji model struktural menunjukan bahwa 5 dari 7 hipotetsis terbukti. Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (nilai P 0,039). Citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (nilai P 0,000). Keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (nilai P 0,000). Kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (nilai P 0,554), Citra perusahaan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (nilai P 0,473). Kualitas layanan melalui keputusan pembelian memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (nilai P 0,048).  Citra perusahaan melalui keputusan pembelian memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (nilai P 0,000). Untuk membangun loyalitas pelanggan perlu mengoptimalkan keputusan pembelian pelanggan dengan terus meningkatkan kualitas layanan yang diberikan serta citra perusahaan yang sudah baik dipertahankan dan diusahakan untuk ditingkatkan.

Downloads

Published

2025-04-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

Analisis Kualitas Layanan, Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Skrining Hiv Apotek X . (2025). JRB-Jurnal Riset Bisnis, 8(2), 211-224. https://doi.org/10.35814/jrb.v8i2.8394