Analisis Kualitas Layanan, Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Skrining Hiv Apotek X
DOI:
https://doi.org/10.35814/jrb.v8i2.8394Keywords:
Kualitas layanan, Citra perusahaan, Keputusan pembelian, Loyalitas pelanggan, Apotek, HIVAbstract
Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan salah satu tantangan kesehatan global yang serius. Target global dan pemerintah untuk menanggulangi HIV/AIDS pada tahun 2030 dengan mencapai 95-95-95. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan citra perusahaan terhadap keputusan pembelian yang berdampak pada loyalitas pelanggan skrining HIV. Metode penelitian adalah cross sectional, jenis penelitian adalah kuantitatif yang dianalisis dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan software Smart-PLS 3,0 2022. Responden penelitian sebanyak 150 orang dari pelanggan skrining HIV di Apotek X. Hasil uji model struktural menunjukan bahwa 5 dari 7 hipotetsis terbukti. Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (nilai P 0,039). Citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (nilai P 0,000). Keputusan pembelian berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (nilai P 0,000). Kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (nilai P 0,554), Citra perusahaan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (nilai P 0,473). Kualitas layanan melalui keputusan pembelian memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (nilai P 0,048). Citra perusahaan melalui keputusan pembelian memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (nilai P 0,000). Untuk membangun loyalitas pelanggan perlu mengoptimalkan keputusan pembelian pelanggan dengan terus meningkatkan kualitas layanan yang diberikan serta citra perusahaan yang sudah baik dipertahankan dan diusahakan untuk ditingkatkan.