PERANCANGAN MODEL BISNIS UMKM PUJASERA DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN DESA

  • Sodikun Program Studi Teknik Industri Universitas Pancasila
  • Annaztashya Dwienajmi Tiaradhia Utami Program Studi Teknik Industri Universitas Pancasila
Keywords: Business Model Canvas, Strategi Bisnis, SWOT

Abstract

UMKM PUJASERA usaha indurtri bidang kuliner. Lembaga ini dituntut untuk terus bekembang untuk memajukan perekonomian warga Desa Ciangsana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model bisnis UMKM PUJASERA jika ditinjau dari aspek-aspek Business Model Canvas dan mengetahui model bisnis dalam rangka pengembangan strategi yang sesuai dan disarankan untuk diterapkan pada UMKM PUJASERA serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat UMKM PUJASERA dalam penerapannya pada Business Model Canvas. Dalam merumuskan strategi, peneliti harus menggunakan business model canvas yang terdiri dari sembilan blok yaitu, yaitu customer relationships (hubungan pelanggan), key partners (kemitraan utama), value preposition (proporsi nilai), customer segments (segmen pelanggan), channels (saluran), revenue streams (arus pendapatan), key recources (sumber daya utama), key activities (aktivitas kunci) dan cost structure (struktur biaya). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa menggunakan Business Model Canvas dan juga menggunakan SWOT. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM PUJASERA pada dasarnya telah menerapkan business model canvas dan alternative strategi dengan model Business Model Canvas dilihat dari kekuatan (strengths) yang telah dianalisis dengan SWOT.

Published
2019-10-01