PEMILIHAN STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DENGAN METODE SWOT-AHP-TOPSIS DI PT INDONINA LAUTAN BERLIAN
Abstract
Seiring dengan perkembangan industri fashion di Indonesia saat ini, membuat keberadaan celana chino menjadi trend. Dengan meningkatnya trend celana chino, seharusnya nilai penjualan pada PT ILB yang merupakan salah satu produsen celana chino dapat semakin meningkat. Namun pada kenyataannya, PT. ILB tidak mampu memenuhi target penjualannya selama tiga periode terakhir. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat meningkatkan penjualan pada periode berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemilihan strategi terbaik yang dapat digunakan PT. ILB melalui kuesioner yang akan didistribusikan kepada 3 orang responden. Dalam pengambilan keputusan untuk pemilihan strategi yang baik, digunakan metode SWOT-AHP-TOPSIS. Melalui metode SWOT, akan dihasilkan beberapa rekomendasi strategi, kemudian dilakukan perhitungan dengan metode AHP untuk mencari nilai bobot dari masing-masing kriteria, yang dimana nilai bobot kriteria tersebut digunakan dalam perhitungan TOPSIS sehingga dihasilkan prioritas strategi terbaik untuk dapat meningkatkan penjualan di PT. ILB.