Adjustment of Early Aged Children with Language Disorder

Penulis

  • Kharisma Hakiki Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia
  • Farida Kurniawati Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35814/mindset.v11i01.1216

Kata Kunci:

anak usia dini, language disorder, penyesuaian diri

Abstrak

Tujuan kajian literatur ini adalah mengetahui bagaimana gambaran penyesuaian diri pada anak dengan language disorder. Melalui database elektronik ProQuest dan EBSCO dengan publication date antara Oktober 2009 hingga Oktober 2019 didapatkan 4 artikel yang relevan. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa anak usia dini dengan language disorder memiliki penyesuaian diri yang kurang baik yang ditandai dengan adanya beberapa permasalahan yang berkaitan dengan penyesuaian diri, yaitu ditemukannya masalah perilaku dan belajar, temperamen yang sulit serta masalah self regulation. Gender dan tingkat pendidikan ibu merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak. Selain itu, instruksi sistematis dengan menggunakan umpan balik dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan akademik dan sosial anak usia dini dengan language disorder dalam pengaturan kelompok kecil. Book reading context ditemukan dapat mengembangkan kosakata.Selain itu, toy play ditemukan menghasilkan rasio ucapan yang lebih seimbang daripada membaca buku. Berbagai permasalahan yang berkaitan dengan penyesuaian diri dialami oleh anak-anak dengan language disorder. Faktor eksternal atau lingkungan diharapkan dapat memberi dukungan bagi anak untuk mencapai penyesuaian diri yang baik terutama pada anak usia dini yang memiliki language disorder.

Referensi

American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed.). https://doi.org/10.1176/appi.books.9780890425596

Asher, S. R., & Gazelle, H. (1999). Loneliness, peer relations, and language disorder in childhood. Topics in Language Disorders, 19(2), 16–33.

Bornstein, M. H., Hahn, C.-S., & Suwalsky, J. T. D. (2013). Language and internalizing and externalizing behavioral adjustment: Developmental pathways from childhood to adolescence. Development and Psychopathology, 25(3), 857–878.

Bretherton, L., Prior, M., Bavin, E., Cini, E., Eadie, P., & Reilly, S. (2014). Developing

relationships between language and behaviour in preschool children from the early language in Victoria study: Implications for intervention. Emotional & Behavioural Difficulties, 19(1), 7–27.

Brownlie, E. B., Bao, L., & Beitchman, J. (2016). Childhood language disorder and social anxiety in early adulthood. Journal Of Abnormal Child Psychology, 44(6), 1061–1070.

Chung, S., Zhou, Q., Anicama, C., Rivera, C., & Uchikoshi, Y. (2019). Language proficiency, parenting styles, and socioemotional adjustment of young dual language learners. Journal of Cross-Cultural Psychology, 50(7), 896–914.

Duff D & Tomblin, B. J. (2018, October). Language development and literacy: Literacy as an outcome of language development and its impact on children's psychosocial and emotional development. Encyclopedia On Early Childhood Development. Retrieved from http://www.child-encyclopedia.com/language-development-and-literacy/according-experts/literacy-outcome-language-development-and-its

Hurlock. (1991). Perkembangan anak (Edisi ke-6). Jakarta:Erlangga.

Keraf, G. (1997). Komposisi. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Lane, J. D., Gast, D. L., Shepley, C., & Ledford, J. R. (2015). Including social opportunities during small group instruction of preschool children with social-communication delays. Journal of Early Intervention, 37(1), 3–22.

Mash, E. J., & Wolfe, D. A. (2016) Abnormal child pychology, (6th ed.). Boston, USA: Cengage Learning.

O'Hare, A. (2017). Communication disorders in preschool children. Pediatrics and Child Health.27. doi: 10.1016/j.paed.2017.06.001.

Prior, M., Bavin, E., Cini, E., Eadie, P., & Reilly, S. (2011). Relationships between language impairment, temperament, behavioural adjustment and maternal factors in a community sample of preschool children. International Journal of Language & Communication Disorders, 46(4), 489–494. doi: 10.1111/j.1460-6984.2011.00003

Roben, C. K. P., Cole, P. M., & Armstrong, L. M. (2012). Longitudinal relations among language skills, anger expression, and regulatory strategies in early childhood. Child Development, 84(3), 891–905. doi: 10.1111/cdev.12027

Sandelowski, M., Voils, C. I., & Barroso, J. (2007). Comparability work and the management of difference in research synthesis studies. Social Science & Medicine, 64(1), 236–247. doi: 10.1016/j.socscimed.2006.08.041

Santrock, J. W. (2011). Child development (13th ed.). New York: McGraw-Hill.

Schmitt, M. B., Justice, L. M., & O’Connell, A. (2014). Vocabulary gain among children

with language disorders: Contributions of children’s behavior regulation and emotionally supportive environments. American Journal of Speech-Language Pathology, 23(3), 373–384. doi: 10.1044/2014_ajslp-12-0148

Schneiders, A. (1964). Personal adjustment and mental health. New York: Rinehart & Winston.

Stich, M., Girolametto, L., Johnson, C. J., Cleave, P. L., & Chen, X. (2013). Contextual effects on the conversations of mothers and their children with language impairment. Applied Psycholinguistics, 36(2), 323–344. doi: 10.1017/s0142716413000258

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-29

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Adjustment of Early Aged Children with Language Disorder. (2020). Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 11(01), 1-13. https://doi.org/10.35814/mindset.v11i01.1216

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama