Optimisme dan Adaptabilitas Karir pada Mahasiswa di Era New Normal
Abstract views: 1339 | PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1256
Abstract
Tuntutan kemampuan dan kompetensi dalam dunia kerja di era new normal paska pandemi COVID-19 semakin meningkat. Para lulusan diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan, karena dunia pekerjaan dan karir mengalami perubahan yang tidak dapat dihindari, dimana saat ini semakin beragam, fleksibel, global dan tanpa batas. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa di era new normal adalah adaptabilitas karir, dimana individu mampu untuk menghadapi masa transisi. Adaptabilitas karir berhubungan dengan optimisme, apabila optimisme pada mahasiswa tinggi, maka akan memiliki adaptabilitas yang tinggi juga, begitu pula sebaliknya. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa di seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia baik perguruan tinggi negeri, maupun swasta. Metode penelitian yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Pearson Product Moment, namun sebelumnya dilakukan uji asumsi dengan menggunakan uji normalitas dan linearitas. Data yang diperoleh dari masing-masing variabel normal dengan nilai signifikansi untuk variabel adaptabilitas karir adalah 0,735 (P>0,05) dan 0,819 (p>0,05) untuk variabel optimisme. Hasil uji linearitas menunjukkan hubungan yang linear dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Hipotesis pada penelitian ini diterima bahwa ada hubungan antara optimisme dengan adaptabilitas karir pada mahasiswa di era new normal. Mahasiswa yang memiliki optimisme akan memiliki adaptabilitas karir yang baik di era new normal saat ini.
References
Bocciardi, F., Caputo, A., Fregonese, C., Langher, V., Sartori, R. (2017). Career adaptability as a strategic competence for career development: An exploratory study of its key predictors. European Journal of Training and Development, 41(1), 67-82. Doi: 10.1108/EJTD-07-2016-0049.
Carver, C. S., Scheier, M.F., & Segerstrom, S.C. (2010). Optimism. Clinical Psychology Review, 30, 879-889. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.cpr.2010.01.006
Coetzee, M., Ferreira, N., Potgieter, I. L. (2015). Assessing employability capacities and career adaptability in a sample of human resource professionals. SA Journal of Human Resource Management, 13(1), 9 pages. Doi: 10.4102/sajhrm.v13i1.682
Fang, W., Zhang, Y., Mei, J., Chai, X., & Fan, X. (2018). Relationship between optimism, educational environment, career adaptability and career motivation in nursing undergraduates: a cross-sectional study. Nurse Education Today, 68, 33-39. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.nedt.2018.05.025
Fatmawiyati, J., Wicaksono, I, A., Muqoddam, F., Shaumia, R. (2018). Adaptabilitas karir. Interact website: https://www.researchgate.net/publication/329139758.
Hirschi, A., Hermann, A., & Keller, A, C. (2015). Career adaptivity, adaptability and adapting a conceptual and empirical investigation. Journal of Vocational Behavior, 87, 1-10. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.jvb.2014.11.008
Nurtjahjanti, H., Ratnaningsih, I, Z. (2011). Hubungan kepribadian hardiness dengan optimisme pada calon tenaga kerja Indonesia (CTKI) wanita di BLKLN DISNAKERTRANS Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Undip. Vol.10, No.2.
Rottinghaus, P.J., Day, S.X., & Borgen, F.H. (2005). The career future inventory: a measure of career-related adaptability and optimism. Journal of Career Assessment, 13, 3-24. Retrieved from https://doi.org/10.1177%2F1069072704270271
Savickas, M.L., & Porfeli, E.J. (2012). Career adapt-abilities scale: Construction, reliability and measurement equivalence across 13 countries. Journal of Vocational Behavior, 80, 661-673. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.jvb.2012.01.011
Seligman. M.E.P. (2006). Learned Optimism: How to Change Your Mind and Your Life. New York: A Division of Random House, Inc.
Seligman, M.E.P. (2008). Menginstal optimisme (terjemahan: Budy Yogapranata). Bandung: PT Karya Kita.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tolentino, L.R., Garcia, P.R.J.M., Lu, V.N., Restubog, S.L.D., Bordia, P., & Plewa, C. (2014). Career adaptation: the relation of adaptability to goal orientation, proactive personality and career optimism. Journal of Vocational Behavior, 84, 39-48. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.jvb.2013.11.004
Vos, K, G. (2019). Career Adaptability, Sense of Coherence and Career Self-Efficacy of Students At A Residental University. University of South Africa.
Wang, Z., & Fu, Y. (2015). Social Support, Social Comparison, and Career Adaptability A Moderated Mediation Model. Social Behavior and Personality: An International Journal, 43(4), 649-659. Retrieved from https://doi.org/10.2224/sbp.2015.43.4.649
Wilkins, K.G., Santilli, S., Ferrari, L., Nota, L., Tracey, T.J.G., & Soresi, S. (2014). The relationship among positive emotional dispositions, career adaptability, and satisfaction in Italian high school students. Journal of Vocational Behavior, 85, 329-338. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.jvb.2014.08.004