Program Pembekalan Materi Psikologi bagi Guru di Yayasan Transformasi Bagimu Negeri

  • Sandra Sutanto Universitas Pelita Harapan
  • Edeline Natacia
  • Jovanka Untawidjaja
Keywords: Psychology training, teacher, training

Abstract

Pendidik dan kompetensi pendidik merupakan hal yang krusial bagi proses pembelajaran. Pendidik dalam hal ini guru yang memiliki kompetensi dan juga pembekalan yang memadai akan membantu proses pengajaran berjalan dengan lebih baik. Kompetensi yang dimiliki oleh guru bisa didapat dari bidang keilmuan yang sudah dipelajari dalam perkuliahan, maupun dari pelatihan atau pembekalan bidang ilmu lain. Yayasan Transformasi Bagimu Negeri merupakan Yayasan yang terpanggil untuk memperlengkapi dan juga melakukan program pembinaan bagi guru-guru yang akan ditempatkan pada area 3T (tertinggal, terluar dan terpencil) dan sudah memasuki tahun ke-5. Pembekalan yang dimaksud berupa Teacher Transformation Center, dengan salah satu programnya yaitu pembekalan mengenai Psikologi Perkembangan, Psikologi Belajar dan integrasi antara iman Kristen dan ilmu Psikologi. Pembekalan dilakukan selama dua hari berturut-turut dengan menggunakan metode campuran antara pemberian materi konseptual dengan aktivitas bagi 17 orang peserta. Hasil evaluasi yang dilakukan menyebutkan bahwa pembekalan ini relevan dengan tugas yang akan mereka jalani sebagai guru. Pembicara juga dinilai menguasai topik, berinteraksi dengan peserta serta memberikan dorongan untuk melakukan aplikasi pembelajaran di masa yang akan datang.guru; pembekalan; pelatihan psikologi.

References

Indonesia. Undang Undang nomor 14 Tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara. Jakarta
Indonesia. Undang Undang Dasar 1945. Sekretariat Negara. Jakarta
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Analisis sebaran guru dikdasmen di wilayah 3T : Tinjauan sekolah menengah pertama
Rahmadi, I. (2020). Pendidikan di Daerah Kepulauan Terpencil: Potret Siswa, Guru, dan Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 75–84.
Syafii, A. (2018). Perluasan dan pemerataan akses kependidikan daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal). Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(2), 153–171.
Published
2022-11-30
How to Cite
Sutanto, S., Natacia, E., & Untawidjaja, J. (2022). Program Pembekalan Materi Psikologi bagi Guru di Yayasan Transformasi Bagimu Negeri. Devotion : Jurnal Pengabdian Psikologi, 1(02), 63-73. Retrieved from https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/Devotion/article/view/3551
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)