ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTASI PADA KRL COMMUTER LINE JABODETABEK (STUDI KASUS PADA MAHASISWI REGULER KHUSUS FEB UNIVERSITAS PANCASILA)

  • Lidya Oktavia Lidya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Harimurti Wulandjani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Dian Riskarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/jimp.v2i1.2977
Abstract views: 167 | PDF downloads: 865
Keywords: Kualitas Pelayanan, Teknologi Informasi, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji: (1) faktor-faktor kualitas
pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan kereta api Commuter
Line (2) teknologi informasi berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan
kereta api Commuter Line. (3) faktor-faktor kualitas pelayanan dan teknologi informasi
berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan kereta api Commuter
Line.Teknik penelitian ini menggunakan teknik penelitian angket (kuesioner). Populasi
pada penelitian ini adalah Mahasiswi reguler khusus FEB Universitas Pancasila .Teknik
pengambilan sampel menggunakan metode Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 75
orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya. sedangkan untuk analisis data menggunakan metode regresi linier berganda
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung positif dan
signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan KRL Commuter Line (2)
terdapat pengaruh positif dan signifikan teknologi informasi terhadap kepuasan pelanggan
KRL Commuter Line(3) variabel kualitas pelayanan dan teknologi informasi secara
simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan KRL
Commuter Line (4) Kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan teknologi
informasi sebesar 62.8 %, sedangkan 37.2 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar model
yang diteliti.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas
produk

Published
2022-01-19
How to Cite
Lidya, L. O., Harimurti Wulandjani, & Dian Riskarini. (2022). ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA TRANSPORTASI PADA KRL COMMUTER LINE JABODETABEK (STUDI KASUS PADA MAHASISWI REGULER KHUSUS FEB UNIVERSITAS PANCASILA). JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 2(1), 12-19. https://doi.org/10.35814/jimp.v2i1.2977
Section
Articles