Pengaruh Sistem Pengelolaan dan Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus di Pasar Citayam)

  • Tia Ichwani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Derriawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Siti Masyitoh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/jimp.v2i1.3098
Abstract views: 375 | PDF downloads: 466
Keywords: Sistem Pengelolaan, Pelayanaan, dan Kepuasan Pedagang

Abstract

Kajian utama dalam penelitian ini adalah sistem pengelolaan dan pelayanan terhadap kepuasan pedagang di Pasar Citayam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengelolaan dan pelayanan terhadap kepuasan pedagang di Pasar Citayam. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif, subyek penelitian ini adalah pedagang yang tercatat sebanyak 570 pedagang dan sebagai populasi teknik pengambilan sample yang digunakan adalah simple random sampling dengan menggunakan pendapat slovin, dengan jumlah 85 responden. Teknis analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan variabel sistem pengelolaan tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pedagang hal ini disebabkan belum optimalnya pengelolaan sampah, pembentukan tim dan pengarahan terhadap petugas kebersihan pasar. Variabel pelayanan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pedagang, hanya pelayanan kebersihan yang kurang optimal karna keterbatasan sumber daya manusia dan sumber daya pendukung lainnya.

Kata kunci: Sistem Pengelolaan, Pelayanaan, dan Kepuasan Pedagang

Published
2022-01-19
How to Cite
Ichwani, T., Derriawan, & Siti Masyitoh. (2022). Pengaruh Sistem Pengelolaan dan Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus di Pasar Citayam). JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 2(1), 20-31. https://doi.org/10.35814/jimp.v2i1.3098
Section
Articles