PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI: PERAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN LIKUIDITAS

  • Falah Arnori Adha Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Hotman Fredy Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Herlan Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/relevan.v3i2.4959
Abstrak views: 155 | PDF (English) downloads: 331
Kata Kunci: Pertumbuhan Perusahaan, Leverage, likuiditas, Profitabilitas (ROA)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana pertumbuhan perusahaan, leverage, dan likuiditas akan mempengaruhi profitabilitas di perusahaan manufaktur di sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk tahun 2018 hingga 2021. Variabel dalam penelitian ini menggunakan analisis pertumbuhan perusahaan, leverage, likuiditas, dan rasio probabilitas (ROA). Data yang digunakan adalah informasi data sekunder dari laporan keuangan tahunan yang tersedia untuk umum. Sampel penelitian  ini terdiri dari 17 perusahaan dari total 68 sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk pengolahan data menggunakan software views 12 dengan menggunakan analisis regresi data panel, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis sebagai metode pengujian data Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh pada probabilitas, sedangkan leverage memiliki pengaruh terhadapnya, begitu juga likuiditas memiliki pengaruh terhadap profitabilitas.

 

 

Diterbitkan
2023-05-30
Bagian
Articles