PENGARUH METACOGNITION, MOTIVATION, DAN BEHAVIOR TERHADAP KINERJA MAHASISWA SELAMA PERKULIAHAN DARING: STUDI KASUS PADA MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS TRILOGI

  • Anisha Noviola Universitas Trilogi
  • Ludwina Harahap Universitas Trilogi
DOI: https://doi.org/10.35814/relevan.v5i1.7776
Abstrak views: 20 | PDF (English) downloads: 13
Kata Kunci: Metacognisi, Motivasi, Perilaku, Mahasiswa Akuntansi, Kinerja Mahasiswa, Covid 19

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Metacognition, Motivation, dan Behavior terhadap Kinerja Mahasiswa Akuntansi selama pembelajaran daring di Universitas Trilogi Jakarta akibat pandemi COVID-19. Subjek penelitian adalah mahasiswa akuntansi di universitas tersebut, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui Google Form. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan rumus Slovin dan tingkat presisi 10%, dengan jumlah sample sebanyak 80 responden. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Metacognition dan Motivation tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Mahasiswa Akuntansi, sedangkan variabel Behavior menunjukkan bahwa pengaruh positif terhadap Kinerja Mahasiswa Akuntansi di Universitas Trilogi, sehingga dapat dikatakan jika mahasiswa akuntansi di Universitas Trilogi memilki tingkah atau pola perilaku yang baik yang dapat mempengaruhi kinerja akademisnya.

Diterbitkan
2024-11-30
Bagian
Articles