Analisa Pendekatan Sistem Terhadap Tingkat Adopsi Inovasi Marketplace oleh Pelaku Usaha Mikro Perdesaan

  • Retor Aquinaldo Wirabuanaputera Kaligis Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/coverage.v15i2.8387
Abstract views: 9 | PDF downloads: 11
Keywords: Difusi Inovasi, Marketplace, Skema AGIL, Tingkat Adopsi Inovasi, Usaha Mikro Perdesaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauhmana kemampuan adaptasi sistem dalam komunikasi organisasi mendorong difusi inovasi penggunaan marketplace agar dapat diadopsi pelaku usaha mikro perdesaan di Komunitas Teras Ciapus, Kabupaten Bogor. Teori difusiinovasi dan skema AGIL (Adaptation, Goal Attainment, Integration, dan Latency) digunakandalam penelitian ini. Penelitian berjenis kuantitatif eksplanatif ini memiliki tiga variabel, yakni Difusi Inovasi (X), Tingkat Adopsi (Y) dan Adaptasi Sistem (Z) sebagai variabel mediasi yang dianalisis menggunakan Path Coefficient. Populasi penelitian ini adalah para pelaku usaha mikro perdesaan yang menjadi anggota komunitas dengan teknik penarikan sampling menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adaptasi sistem dalam komunikasi organisasi berperan signifikan sebagai variabel mediasi yang menegaskan pentingnya kemampuan organisasi dalam beradaptasi untuk menentukan keberhasilan adopsi inovasi marketplace. Namun, kapasitas komunitas belum optimal menghadapi tantangan internal maupun eksternal dalam mendukung penggunaan marketplace di kalangan pelaku usaha mikro perdesaan setempat. Komunitas perlu meningkatkan upaya pencapaian tujuan jangka pendeknya untuk mendorong para anggotanya menggunakan marketplace dan memfasilitasi kerjasama sesama anggota berjualan online sebagai langkah awal mencapai tujuan jangka menengah dan panjang.

References

As’adi, M. H. (2020). DifusiInovasi dan Adopsi Inovasi 99design.com (Studi Kasus di Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta). Lisyabab : Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 1(2), 211–232. https://lisyabab.staimaswonogiri.ac.id/lisyabab/article/view/29

Badan Pusat Statistik RI. (2022). Statistik eCommerce 2022. Jakarta: Badan Pusat Statistik RI.

Blanc, S., Merlino, V. M., Versino, A., Mastromonaco, G., Sparacino, A., Massaglia, S., & Borra, D. (2022). The Role of Chocolate Web-Based Communication in a Regional Context: Its Implication for Open Innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(2). https://doi.org/10.3390/joitmc8020084

Dearing, J. W., & Cox, J. G. (2018). Diffusion of innovations theory, principles, and practice. Health Affairs, 37(2), 183–190. https://doi.org/10.1377/hlthaff.2017.1104

Dibra, M. (2015). Rogers Theory on Diffusion of Innovation-The Most Appropriate Theoretical Model in the Study of Factors Influencing the Integration of Sustainability in Tourism Businesses. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 1453–1462. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.443

Estaswara, H. (2021). Strategic Communication dalam Perspektif Ilmu Komunikasi. CoverAge : Journal of Strategic Communication, 11(2), 77–87. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/view/2028

Gabriel, M. L. D. S. &, & Silva, D. D. (2017). Diffusion and adoption of technology amongst engineering and business management students. International Journal of Innovation, 5(1), 20–31. https://doi.org/10.5585/iji.v5i1.80

Gay, L., Mills, G. E., &Airasian, P. (2020). Educational Research, Competencies for Analysis and Application (12th Edition). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Hair, J. F., Howard, M. C., &Nitzl, C. (2020). Assessing measurement model quality in PLS-SEM using confirmatory composite analysis. Journal of Business Research, 109(1), 101–110. https://doi.org/https ://doi.org/10.1016/j.jbusr es.2019.11.069

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8

Kaligis, R. A. W. (2022). Analisis Pengaruh Kondisi Sosial Digital Terhadap Penggunaan Bauran Promosi dengan Modal Sosial Sebagai Variabel Moderasi Pelaku Usaha Mikro Perdesaan. In Mengembangkan Komunikasi Pemasaran Pelaku Usaha Mikro Perdesaan Melalui Komunitas: Antara Potensi, Kendala, dan Tantangan (pp. 1–28). Yogyakarta: Penerbit Andi (CV Andi Offset).

Kaligis, R. A. W., Pratiwi, A., &Darmaputra, R. (2024). Utilization of social capital in organizational communication of rural micro-entrepreneurs to enter the digital ecosystem. Proceeding of The 3rd ASPIKOM International Communication Conference (AICCON) Grounding Communications for Sustainable Development Towards the Digital 5.0 Era, 588–599. https://journal.rc-communication.com/index.php/AICCON/article/view/158

Katadata.co.id. (2023, October 13). Usaha MikroTetap Merajai UMKM, Berapa Jumlahnya? https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/13/usaha-mikro-tetap-merajai-umkm-berapa-jumlahnya

Kominfo.go.id. (2022). Kenaikan jumlah UMKM Go Online jadi hasil konkret pembahasan transformasi digital di KTT G20. https://www.kominfo.go.id/content/detail/45636/kenaikan-jumlah-umkm-go-online-jadi-hasil-konkret-pembahasan-transformasi-digital-di-ktt-g20/0/berita_satker

Miller, K. (2012). Organizational communication: approaches and processes (6th ed.). Boston: Cengage Learning.

Prayitno, S. (2021). KomunikasiPemasaran Global Terpadu: Tantangan di Era Digital. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 12, 27–39. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/view/2152

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of innovations (Fifth Ed.). New York: Free Press.

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. In Handbook of Market Research (pp. 1–47). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8_15-2

Smit, J. (2015). The Innovation Value Chain and Adaptability of Organizations. Journal of International Technology and Information Management, 24(3). https://doi.org/10.58729/1941-6679.1047

Treviño, A. J. (2005). Parsons’s action-system requisite model and Weber’s elective affinity: A convergence of convenience. Journal of Classical Sociology, 5(3), 319–348. https://doi.org/10.1177/1468795X05057870

Wearesocial.com. (2024). Digital 2024: Global Overview Report. https://wearesocial.com/id/blog/2025/02/digital-2025-the-essential-guide-to-the-global-state-of-digital/

Wong, L. W., Tan, G. W. H., Ooi, K. B., & Chan, H. K. (2024). Blockchains for SMEs: A Fit-Viability perspective moderated by organizational innovation diffusion for supply chain performance. Transportation Research Part E: Logistics and Transportation Review, 182(103396). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tre.2023.103396

Yustiani, R., &Yunanto, R. (2017). Peran marketplace sebagai alternatifbisnis di era teknologiinformasi. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 6(2), 43–48. https://doi.org/10.34010/komputa.v6i2.24

Published
2025-03-29
How to Cite
Kaligis, R. A. W. (2025). Analisa Pendekatan Sistem Terhadap Tingkat Adopsi Inovasi Marketplace oleh Pelaku Usaha Mikro Perdesaan. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 15(2), 130-143. https://doi.org/10.35814/coverage.v15i2.8387
Section
Articles