Analisis Faktor-Faktor Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Industri Kecantikan di Indonesia

  • Fitria Susiani Magister Ilmu Kefarmasian Universitas Pancasila
  • Sampurno Magister Ilmu Kefarmasian Universitas Pancasila
  • Iha Haryani Hatta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/jrb.v4i2.1514
Abstract views: 1131 | pdf downloads: 1310
Keywords: kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, industi kecantikan

Abstract

Kontribusi loyalitas pelanggan akan mempercepat pertumbuhan pesat bagi suatu industri kecantikan. Karena itu diperlukan penelitian tentang faktor-faktor kepuasan, dan loyalitas pelanggan industri kecantikan di Indonesia dengan tujuan ingin mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan citra merek secara parsial terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan, serta pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Populasi penelitian adalah pelanggan Klinik Hedtutu Skin Solution. Sampel sebanyak 143 secara purposive sampling. Analisis data secara SEM dengan program Lisrel. Hasil penelitian menerangkan bahwa adanya pengaruh antara variabel kualitas pelayanan, dan citra merek secara parsial terhadap kepuasan pelanggan, tetapi harga tidak berpengaruh terhadap  kepuasan pelanggan. Harga, dan kepuasan pelanggan secara parsial berpengaruhi terhadap loyalitas pelanggan, tetapi kualitas pelayanan, dan citra merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas.

Published
2021-04-29
How to Cite
Fitria Susiani, Sampurno, & Haryani Hatta, I. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Industri Kecantikan di Indonesia. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 4(2), 114-121. https://doi.org/10.35814/jrb.v4i2.1514
Section
Articles