Analisis Pemilihan Social Media Influencer Instagram pada Generasi Y dan Generasi Z di Bandung

  • Felicia Abednego Abednego Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Kristen Maranatha
  • Chandra Kuswoyo Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Kristen Maranatha
  • Cen Lu Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Kristen Maranatha
  • Graciela Ervina Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Kristen Maranatha
DOI: https://doi.org/10.35814/jrb.v5i1.2558
Abstract views: 2745 | pdf downloads: 6813
Keywords: influencer marketing, consumer behavior, Y Generation, Z Generation

Abstract

Abstrak

Influencer marketing telah menjadi fenomena sejak beberapa tahun terakhir, dan keberadaan influencer marketing dianggap sebagai strategi pemasaran yang ampuh dan jumlahnya terus meningkat. Influencer adalah orang-orang yang dapat memiliki jumlah follower yang banyak dalam platform media sosial tertentu dan mereka dianggap sebagai pemimpin opini yang dipercaya oleh komunitasnya. Pertumbuhan jumlah influencer marketing yang terus meningkat, menjadi hal yang menarik bagi peneliti untuk menganalisis perilaku konsumen terutama di kalangan generasi Y dan Z terhadap pesan yang disampaikan oleh influencer melalui media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh generasi Y dan Z dalam memilih influencer marketing pada media sosial Instagram, yang memengaruhi perilaku konsumsi kuliner pada generasi Y dan Z di kota Bandung. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik focus group discussion pada generasi Y dan Z di kota Bandung.

 

Kata kunci : influencer marketing, perilaku konsumen, generasi Y, generasi Z.

 

Published
2021-10-26
How to Cite
Abednego, F. A., Kuswoyo, C., Cen Lu, & Wijaya, G. E. (2021). Analisis Pemilihan Social Media Influencer Instagram pada Generasi Y dan Generasi Z di Bandung. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 5(1), 57-73. https://doi.org/10.35814/jrb.v5i1.2558
Section
Articles