Pengaruh Sosial Media Terhadap Pembentukan Brand Awareness dan Purchase Intention Merek Sepatu Olahraga

  • Gavin Tedja Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Maranatha
  • Felicia Abednego Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Maranatha
DOI: https://doi.org/10.35814/jrb.v5i2.3123
Abstract views: 1009 | PDF downloads: 1115
Keywords: Social Media, Kualitas Konten, Interaktivitas Merek, Keterlibatan Konsumen, Kesadaran Merek, Niat Pembelian.

Abstract

Media sosial sekarang ini sudah banyak mengubah bagaimana cara perusahaan melakukan promosi agar dapat membentuk consumer engagement dan brand awareness terhadap pelanggan sehingga menghasilkan purchase intention. Penelitian ini ditujukan untuk memahami seberapa besar pengaruh yang dapat dihasilkan oleh kualitas konten dan interaktivitas merek dalam media sosial  yang akan mendukung pembentukan brand awareness dan juga purchase intention. Penelitian ini memanfaatkan pengolahan data structural equation modeling. Dalam penelitian ini tidak hanya sekedar melakukan penelitian media sosial terhadap purchase intention melainkan memanfaatkan juga motif hedonisme, motif utilitarian, consumer engagement dan brand awareness sebagai mediasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa hanya kualitas konten yang mempengaruhi motif hedonisme dan utilitarian dari pengguna Instagram. Tentunya juga hal ini sangat mempengaruhi consumer engagement dan brand awareness yang dihasilkan sehingga terbentuklah purchase intention. Penelitian ini memanfaatkan objek sepatu olahraga karena objek tersebut sudah berkembang pesat di Indonesia juga diiringi dengan sepatu olahraga yang sudah menjadi gaya hidup bagi para konsumen. Dengan begini diharapkan merek-merek sepatu olahraga ini dapat lebih mnemperhatikan kualitas konten yang di sajikan di Instagram dan juga memperhatikan interaktivitas dengan pengguna sehingga bisa mendorong offline purchase intention.

Published
2022-04-30
How to Cite
Tedja, G., & Felicia Abednego. (2022). Pengaruh Sosial Media Terhadap Pembentukan Brand Awareness dan Purchase Intention Merek Sepatu Olahraga. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 5(2), 168-189. https://doi.org/10.35814/jrb.v5i2.3123
Section
Articles