Pengujian Pemasaran Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian: Peran Kesadaran Merek Sebagai Variabel Mediasi Pada Kosmetik Emina
Abstract views: 331 | PDF downloads: 1563
Abstract
Abstrak
Internet, media sosial, aplikasi seluler dan komunikasi digital lainnya sudah menjadi bagian dalam kehidupan
masyarakat di dunia. Salah satu saluran komunikasi umum atau digital yang sering digunakan oleh perusahaan
sebagai media pemasaran adalah media sosial. Banyak perusahaan yang memanfaat media sosial untuk
menyebarkan promosi perusahaan, meningkatkan kesadaran merek, pengambilan keputusan pembelian, dan
mempertahankan keterlibatan perusahaan dengan pelanggan. Perusahaan perlu membuat media sosial yang
menarik dan informatif untuk meningkatkan kesadaran merek yang dapat berpengaruh kepada keputusan
pembelian untuk produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran media
sosial dalam keputusan pembelian melalui mediasi kesadaran merek. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 210
responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Pengujian hipotesis
menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran media sosial mempengaruhi
keputusan pembelian melalui mediasi kesadaran merek. Kesadaran merek memainkan peran sebagai partial
mediation pengaruh pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian, Pemasaran Media Sosial
Abstract
Internet, social media, mobile applications and other digital communications have become a part of people's
lives in the world. One of the general or digital communication channels that are often used by companies as a
marketing medium is social media. Many companies use social media to spread company promotions, increase
brand awareness, make purchasing decisions, and maintain company engagement with customers. Companies
need to create interesting and informative social media to increase brand awareness that can influence purchasing
decisions for the products offered. This study aims to determine the effect of social media marketing on
purchasing decisions through mediation of brand awareness. The number of samples in this study were 210
respondents. The sampling technique used was purposive sampling. Hypothesis testing using path analysis. The
results of this study indicate that social media marketing influences purchasing decisions through mediation of
brand awareness. Brand awareness plays a role as a partial mediation of the influence of social media marketing
on purchasing decisions.
Keywords : Social Media Marketing, Brand Awareness, Purchase Decision