Strategi Pengembangan Usaha Pelaku Umkm Kuliner Pada Masa Pandemi Covid - 19
Abstract views: 1526 | PDF downloads: 3530
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi dan daya tarik produk kuliner Cilegon, mengetahui kendala yang dihadapi para pelaku UMKM kuliner dan mengembangkan strategi bisnis kuliner kota cilegon di tengah pandemi covid-19. Urgensi penelitian ini dibuat untuk membantu pelaku UMKM kuliner untuk bangkit dan produktif kembali. Sehingga usaha kuliner yang dijalankan bisa berkembang dan memaksimalkan potensi yang ada. Hasil temuan penelitian diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan strategi bisnis kuliner kota Cilegon pada masa pandemi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan konsep manajemen strategis dan dianalisis secara deskriptif. Sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan alat analisis IFE, EFE, IE dan SWOT. Analisis ini digunakan untuk memperoleh gambaran secara mendalam mengenai objek penelitian. Informasi disajikan dalam bentuk tabulasi angka, gambar, dan matriks sesuai dengan hasil yang diperoleh. Luaran penelitian yang ditargetkan adalah membantu pelaku UMKM kuliner untuk bangkit dan produktif kembali melalui strategi pengembangan bisnis. Sehingga usaha kuliner yang dijalankan bisa berkembang dan memaksimalkan potensi yang ada. Hasil temuan penelitian diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan strategi bisnis kuliner kota Cilegon pada masa pandemi.