Strategi Pengembangan Usaha Pelaku Umkm Kuliner Pada Masa Pandemi Covid - 19

  • Nurul Hilmiyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Erwin Permana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Iha Haryani Hatta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Murti Widyaningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/jrb.v5i2.3391
Abstract views: 1245 | PDF downloads: 2750
Keywords: UMKM; Strategi Bisnis; Cilegon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi dan daya tarik produk kuliner Cilegon, mengetahui kendala yang dihadapi para pelaku UMKM kuliner dan mengembangkan strategi bisnis kuliner kota cilegon di tengah pandemi covid-19. Urgensi penelitian ini dibuat untuk membantu pelaku UMKM kuliner untuk bangkit dan produktif kembali. Sehingga usaha kuliner yang dijalankan bisa berkembang dan memaksimalkan potensi yang ada. Hasil temuan penelitian diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan strategi bisnis kuliner kota Cilegon pada masa pandemi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan konsep manajemen strategis dan dianalisis secara deskriptif. Sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan alat analisis IFE, EFE, IE dan SWOT. Analisis ini digunakan untuk memperoleh gambaran secara mendalam mengenai objek penelitian. Informasi disajikan dalam bentuk tabulasi angka, gambar, dan matriks sesuai dengan hasil yang diperoleh. Luaran penelitian yang ditargetkan adalah membantu pelaku UMKM kuliner untuk bangkit dan produktif kembali melalui strategi pengembangan bisnis. Sehingga usaha kuliner yang dijalankan bisa berkembang dan memaksimalkan potensi yang ada. Hasil temuan penelitian diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan strategi bisnis kuliner kota Cilegon pada masa pandemi.

Published
2022-04-30
How to Cite
Hilmiyah, N., Erwin Permana, Iha Haryani Hatta, & Murti Widyaningsih. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Pelaku Umkm Kuliner Pada Masa Pandemi Covid - 19. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 5(2), 226-245. https://doi.org/10.35814/jrb.v5i2.3391
Section
Articles