ANALISA PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DENGAN METODE ONE STOP SERVICE DALAM PROGRAM PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PADA MINAT GENERASI-Z

  • Arihta Tarigan Program Studi Bisnis Digital, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
  • Edward Sutanto Program Studi Bisnis Digital, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
DOI: https://doi.org/10.35814/jrb.v6i2.4535
Abstract views: 343 | PDF downloads: 268

Abstract

ABSTRACT

According to the data from the Ministry of Education, Culture, Research, and Technology of the Republic of Indonesia in 2020, the number of private universities in Indonesia has decreased by 1.73% from the number of private universities in 2019. This proves that universities are also impacted by the effects of the COVID-19 pandemic, which resulted in a reduction in the number of private universities in Indonesia. Even though the number of private universities has decreased, the Central Statistics Agency (BPS) notes that the number of students in Indonesia is 8,956,184 in 2021, which has increased by 4.1% compared to the previous year. During the COVID-19 pandemic, universities were required to develop and implement methods with an online system for new student registration activities. The characteristics of Generation Z, who are able to quickly adapt to technological change, present an opportunity for universities to develop technology that makes the process of enrolling new students easier for Generation Z. 

ABSTRAK

Dari data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia pada tahun 2020, jumlah perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia mengalami penurunan sebanyak 1.73% dari jumlah perguruan tinggi swasta pada tahun 2019. Hal tersebut membuktikan bahwa perguruan tinggi juga berdampak efek pandemi Covid-19 yang mengakibatkan berkurangnya jumlah perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia. Walaupun jumlah perguruan tinggi swasta mengalami penurunan, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah mahasiswa di Indonesia sebanyak 8.956.184 orang pada tahun 2021 dimana hal tersebut mengalami kenaikan sebanyak 4.1% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada masa pandemi Covid-19, perguruan tinggi dituntut mengembangkan dan menerapkan metode dengan sistem daring dalam kegiatan pendaftaran mahasiswa baru. Ditambah karakteristik dari Generasi Z yang mampu beradaptasi terhadap perubahan teknologi dengan cepat, hal ini menjadi kesempatan perguruan tinggi untuk mengembangkan teknologi yang memudahkan Generasi Z dalam proses pendaftaran mahasiswa baru.

 

Kata Kunci : Internet, Website, Gen Z, Teknologi Finansial, Teknologi CloudComputing

Published
2023-04-17
How to Cite
Arihta Tarigan, & Sutanto, E. (2023). ANALISA PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DENGAN METODE ONE STOP SERVICE DALAM PROGRAM PENDAFTARAN MAHASISWA BARU PADA MINAT GENERASI-Z. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 6(2), 226-242. https://doi.org/10.35814/jrb.v6i2.4535
Section
Articles