ANALISIS FAKTOR PEMBENTUK BUDAYA INOVATIF DALAM KONTEKS BISNIS: KUNCI KESUKSESAN UNTUK INOVASI ORGANISASI

  • Hizbul Khootimah Azzaakiyyah Universitas Diponegoro
  • Abu Muna Almaududi Ausat Universitas Subang
  • Silvy Sondari Gadzali Universitas Subang
  • Prety Diawati Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Suhartono Universitas Nusantara PGRI Kediri
DOI: https://doi.org/10.35814/jrb.v7i1.4668
Abstract views: 253 | PDF downloads: 627
Keywords: Culture, Innovation, Qualitative

Abstract

Budaya unik organisasi sering berbeda maka tidak heran jika banyak persaingan bisnis. Namun, konteks inovasi selalu dijunjung tinggi organisasi manapun. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan secara rinci berbagai faktor pembentuk budaya inovatif. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan cara mengambil data sekunder. Hasil studi tiba pada suatu pernyataan bahwa budaya inovatif adalah budaya yang menyambut dan mendorong eksperimen, pengambilan risiko, dan pemikiran orisinal. Sebuah organisasi dengan budaya inovasi akan menghargai ide-ide karyawannya dan mendorong mereka untuk mengembangkan ide-ide baru. Ada lima dimensi yang akan menjelaskan apa yang membentuk budaya inovatif seperti konteks inovasi, orientasi pasar, infrastruktur untuk inovasi, kreativitas dan kekuatan tenaga kerja, dan intensi untuk inovasi. Hasil studi ini diharapkan dapat memperkaya literasi akademis di bidang manajemen dan administrasi bisnis.

 

 

Author Biographies

Hizbul Khootimah Azzaakiyyah, Universitas Diponegoro

 

 

Abu Muna Almaududi Ausat, Universitas Subang

 

 

Silvy Sondari Gadzali, Universitas Subang

 

 

Published
2023-10-26
How to Cite
Azzaakiyyah, H. K., Almaududi Ausat, A. M., Sondari Gadzali, S., Diawati, P., & Suhartono. (2023). ANALISIS FAKTOR PEMBENTUK BUDAYA INOVATIF DALAM KONTEKS BISNIS: KUNCI KESUKSESAN UNTUK INOVASI ORGANISASI. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 7(1), 41-52. https://doi.org/10.35814/jrb.v7i1.4668
Section
Articles