PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Survei pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021

  • Tia Ichwani Universitas Pancasila
  • Chaerani Nisa Universitas Pancasila
  • Dewi Kurniawati Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/jrb.v7i1.5268
Abstract views: 305 | PDF downloads: 188

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui corporate sosial responsibility, kepemilikan institusional, dan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, pengaruh corporate sosial responsibility, kepemilikan institusional secara parsial terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan pengaruh corporate sosial responsibility, kepemilikan institusional secara simultan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Dalam penelitian ini, berdasarkan kriteria purposive sampling diperoleh 10 perusahaan sebagai sampel. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa berupa laporan tahunan perusahaan tahun 2017-2021 yang diperoleh melalui website resmi Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis deskriptif, kuantitatif dengan pendekatan survei. . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan alat bantu Eviews 11. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil pengolahan data menunjukan bahwa corporate sosial responsibility, kepemilikan institusional, dan nilai perusahaan mempunyai nilai yang fluktuatif pada perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021, corporate sosial responsibility secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, arus kas operasi kepemilikan institusional berpengaruh negative tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, corporate sosial responsibility, dan kepemilikan institusional secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Published
2023-10-26
How to Cite
Ichwani, T., Nisa, C., & Kurniawati, D. (2023). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 7(1), 12-23. https://doi.org/10.35814/jrb.v7i1.5268
Section
Articles