Analisis Kualitas Layanan dan Situs Web Untuk Pembelian Tiket Online Yang Lebih Memuaskan

  • Safitri Siswono Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/jrb.v7i2.6125
Abstract views: 221 | PDF downloads: 160
Keywords: Efektifitas website, E-Service Quality, Kepuasan Konsumen, Re-purchase intention

Abstract

Menghadapi era digital, perusahaan harus beradaptasi dengan cepat untuk tetap relevan dan bersaing. Sejumlah sektor bisnis menunjukkan ketertarikan dan ketangguhan yang tinggi dalam merespons revolusi digital saat ini, salah satu contohnya adalah pembelian tiket secara online melalui aplikasi dan website. penelitian ini bermaksud untuk melakukan investigasi terhadap efektifias website traveloka sebagai sumber informasi yang dibutuhkan konsumen terkait kualitas pelayanan dan keinginan pelanggan untuk kembali bertransaksi pada aplikasi Traveloka. penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional kepada populasi Jabodetabek yang telah melakukan pembelian tiket pesawat di Traveloka. Hasil pengumpulan data kemudian diolah menggunakan program statistik Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh langsung efektivitas website terhadap kepuasan konsumen dan terdapat pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi memperkaya literatur atau rujukan ilmiah terkait dengan pemanfaatan platform digital dalam meningkatkan kinerja perusahaan khususnya pada sektor transportasi. Penelitian ini juga dapat memberikan masukan penting dalam merumuskan kebijakan strategis perumusan aktifitas marketing dan penjualan.

Kata Kunci: Efektivitas Website, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.

Abstract

In the digital age, firms must change swiftly in order to remain relevant and competitive. A variety of commercial sectors are showing strong interest and resilience in reacting to today's digital transformation, with one example being online ticket purchases via applications and websites. The purpose of this study is to look at the significance of the Traveloka website as a source of information for consumers about the quality of service and their desire to return to transactions on the Traveloka app. This study applies a quantitative research method with a correlational approach to the Jabodetabek respondents who have purchased airplane tickets through Traveloka. The data is subsequently analyzed with the Smart PLS statistical tool. The study will serve to extend the literature or scientific references on the use of digital platforms to improve firm performance, particularly in the transportation industry. This study can also help develop strategic marketing and sales policies.

 Keywords: Website Effectiveness, Service Quality, Consumer Satisfaction

Published
2024-04-24
How to Cite
Siswono, S. (2024). Analisis Kualitas Layanan dan Situs Web Untuk Pembelian Tiket Online Yang Lebih Memuaskan. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 7(2), 272-283. https://doi.org/10.35814/jrb.v7i2.6125
Section
Articles