Perumusan Strategi Startup D’cetak Menggunakan Analisis PESTEL dan SWOT
Abstract views: 357 | PDF downloads: 369
Abstract
D’Cetak mengalami statistik pendapatan yang fluktuatif, sehingga diperlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan kinerja penjualan dan mencapai target pendapatan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis D’Cetak menggunakan analisis SWOT dan PESTEL. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menerapkan analisis SWOT. Data didapatkan dari hasil wawancara kepada 5 informan kunci yaitu pimpinan perusahaan. Hasil analisis SWOT D’Cetak memperoleh 7 kekuatan, 5 kelemahan, 7 peluang, dan 5 ancaman. Skor matriks IFAS sebesar 1,26 dan matriks EFAS sebesar 1,29. D’Cetak berada di posisi kuadran I dengan peluang dan kekuatan yang dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mengatasi kelemahan dan ancaman eksternal dan strategi yang harus diterapkan adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth oriented strategy).