PENGARUH HARGA, ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN RATING TERHADAP KEPERCAYAAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SUPLEMEN KESEHATAN PADA E-COMMERCE
Abstract views: 28 | PDF downloads: 36
Abstract
Seiring perkembangan teknologi, bertransaksi di e-commerce banyak diminati meskipun membutuhkan kepercayaan karena tidak melihat produk secara langsung. Sebelum pengambilan keputusan pembelian, konsumen dapat melihat informasi produk pada tampilan atau fitur yang tersedia seperti harga, online customer review, dan rating. Namun demikian, tidak dapat sepenuhnya dipercayai dan dipastikan bahwa informasi tersebut menjamin produk yang dibeli ataupun pelayanan yang didapat akan sesuai dengan harapan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh harga, online customer review dan rating terhadap kepercayaan dan keputusan pembelian suplemen kesehatan pada e-commerce. Penelitian dilakukan kepada 285 responden di DKI Jakarta, berusia lebih dari 17 tahun, dan pernah membeli suplemen kesehatan di e-commerce. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan program LISREL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, online customer review, dan rating berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan. Harga, online customer review, rating dan kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Kepercayaan sebagai intervening tidak memperkuat hubungan antara variable independen (harga, online customer review, rating) terhadap variable dependen (keputusan pembelian). Untuk meningkatkan kepercayaan serta keputusan pembelian konsumen di e-commerce, setiap penjual di e-commerce perlu menetapkan harga jual yang relevan dengan produknya serta responsif terhadap online customer review maupun rating dari konsumen