Pengendalian Kualitas untuk Mengurangi Produk Cacat pada Produk T-Shirt di Perusahaan Capa De Flores di Bandung

  • Sofia Universitas Kristen Maranatha
  • Imelda Junita Universitas Kristen Maranatha
DOI: https://doi.org/10.35814/jrb.v8i1.6961
Abstract views: 14 | PDF downloads: 18

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengendalian kualitas pada perusahaan Capa de Flores agar dapat mengurangi produk cacat. Capa De Flores adalah perusahaan  konveksi yang memproduksi baju kaos T-shirt dengan berbagai  ukuran, warna, jenis dan desain sablon. Pengendalian kualitas pada perusahaan saat ini belum dilakukan maksimal  sehingga masih didapatkan proporsi produk cacat yang tinggi. Pengendalian kualitas   penting dilakukan  agar hasil produksi sesuai dengan spesifikasi atau standar yang ditentukan  sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Analisis pengendalian kualitas dalam penelitian ini menggunakan peta kendali proporsi (p-chart), diagram pareto, dan diagram sebab akibat (fishbone chart)  Peta kendali  p dapat mengidentifikasi gejala penyimpangan yang terjadi pada proses produksi dan berdasarkan peta kendali p yang dibuat diketahui terdapat gejala penyimpangan berupa gejala deret pada sampel produksi yang diteliti. Penggunaan diagram pareto bertujuan untuk mendeteksi jenis cacat yang  perlu diprioritaskan penanganannya  dalam  proses produksi. Dalam hal ini diketahui jenis cacat produksi  utama pada produk perusahaan adalah jahitan tidak rapi dan sablon yang tidak sempurna. Sedangkan diagram sebab akibat digunakan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya produk cacat yang terdiri dari faktor mesin, material, manusia dan metode. Selanjutnya dalam penelitian ini diusulkan pula beberapa rekomendasi untuk melakukan perbaikan dalam pengendalian kualitas guna mengurangi jumlah produk cacat yang dihasilkan oleh perusahaan.

Published
2024-10-31
How to Cite
Seda, S. A. G., & Junita, I. (2024). Pengendalian Kualitas untuk Mengurangi Produk Cacat pada Produk T-Shirt di Perusahaan Capa De Flores di Bandung. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 8(1), 108-121. https://doi.org/10.35814/jrb.v8i1.6961
Section
Articles