Preferensi Konsumen terhadap atribut Produk Stempel dengan Full Profile Conjoint

Authors

  • Galuh Kusuma Wardani Politeknik Negeri Madiun

DOI:

https://doi.org/10.35814/jrb.v8i2.8626

Keywords:

Full Profile Conjoint, Pemasaran, Preferensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pemasaran suatu produk yang mudah diterima dan sesuai keinginan konsumen. Preferensi konsumen dapat diketahui dengan analisis konjoin yang mengukur dampak atribut suatu benda/jasa. Metode yang digunakan yaitu Full Profile Conjoint dengan menilai setiap kartu stimuli berdasarkan skala likert. Metode pengambilan sampel penelitian menggunakan accidental sampling sebanyak 60 responden, berdasarkan kemudahan atau judgement. Produk yang diteliti adalah stempel dengan bahan dasar lilin/wax. Terdapat empat atribut yang digunakan yaitu harga, motif, ukuran, dan bentuk. Atribut motif dengan level kustom merupakan hasil yang paling diminati responden penelitian. Kombinasi Level dan atribut yang paling dipilih yaitu harga Rp 150.000,00, ukuran stempel 2,5 cm, bentuk lilin kotak, dan motif kustom. Harga yang dipilih merupakan harga terendah diantara pilihan kuesioner yang tersedia dengan ukuran stempel paling besar. Harga penting dalam pengambilan keputusan, sedangkan bentuk, ukuran, atau struktur fisik suatu produk sebagai pembeda dengan produk lainnya.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

Preferensi Konsumen terhadap atribut Produk Stempel dengan Full Profile Conjoint. (2025). JRB-Jurnal Riset Bisnis, 8(2), 265-272. https://doi.org/10.35814/jrb.v8i2.8626