Analisis Faktor Pembentuk Budaya Inovatif Dalam Konteks Bisnis: Kunci Kesuksesan Untuk Inovasi Organisasi

Authors

  • Hizbul Khootimah Azzaakiyyah Universitas Diponegoro
  • Abu Muna Almaududi Ausat Universitas Subang
  • Silvy Sondari Gadzali Universitas Subang
  • Prety Diawati Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Suhartono Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.35814/jrb.v7i1.4668

Keywords:

Culture, Innovation, Qualitative

Abstract

Budaya unik organisasi sering berbeda maka tidak heran jika banyak persaingan bisnis. Namun, konteks inovasi selalu dijunjung tinggi organisasi manapun. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan secara rinci berbagai faktor pembentuk budaya inovatif. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan cara mengambil data sekunder. Hasil studi tiba pada suatu pernyataan bahwa budaya inovatif adalah budaya yang menyambut dan mendorong eksperimen, pengambilan risiko, dan pemikiran orisinal. Sebuah organisasi dengan budaya inovasi akan menghargai ide-ide karyawannya dan mendorong mereka untuk mengembangkan ide-ide baru. Ada lima dimensi yang akan menjelaskan apa yang membentuk budaya inovatif seperti konteks inovasi, orientasi pasar, infrastruktur untuk inovasi, kreativitas dan kekuatan tenaga kerja, dan intensi untuk inovasi. Hasil studi ini diharapkan dapat memperkaya literasi akademis di bidang manajemen dan administrasi bisnis.

 

 

Author Biographies

  • Hizbul Khootimah Azzaakiyyah, Universitas Diponegoro

     

     

  • Abu Muna Almaududi Ausat, Universitas Subang

     

     

  • Silvy Sondari Gadzali, Universitas Subang

     

     

Downloads

Published

2023-10-26

Issue

Section

Articles

How to Cite

Analisis Faktor Pembentuk Budaya Inovatif Dalam Konteks Bisnis: Kunci Kesuksesan Untuk Inovasi Organisasi. (2023). JRB-Jurnal Riset Bisnis, 7(1), 41-52. https://doi.org/10.35814/jrb.v7i1.4668