ANALISIS KETIDAKTERTARIKAN PENGUNJUNG DATANG KE MUSEUM PERJUANGAN KOTA BOGOR
Abstract views: 1871 | pdf (Bahasa Indonesia) downloads: 935
Abstract
Museum merupakan tempat kumpulan benda-benda sejarah sebagai bukti yang harus diketahui oleh masyarakat, keaslian koleksi dan diorama yang dimiliki museum belum mampu untuk menarik wisatawan untuk datang ke Museum Perjuangan Bogor. Bangunannya yang usang serta kurangnya keunikan penyampaian serta penataan koleksi menjadi beberapa alasanya. Tujuan penelitian ini menganalisa ketidaktertarikan masyarakat untuk berkunjung ke Museum Perjuangan di Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan Museum Perjuangan kota Bogor masih sepi pengunjung diakibatkan oleh kurangnya minat masyarakat terhadap sejarah dan kalah saingnya museum perjuangan dengan museum lain yang ada di kota Bogor. Pada museum sendiri tidak banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan hanya melihat koleksi saja. Apabila dilihat dari fasilitas wisatanya, museum ini terletak di pusat kota, akses dan transportasinya mudah, dekat dengan rumah penduduk, sekolah, mall PGB, toko-toko, dan tempat makan yang tersedia disekitar museum. Kondisi bangunan museum pun sangat memprihatinkan. Bantuan Pemerintah juga belum ada untuk museum ini sehingga pengembangan museum pun terhambat karena dana serta kegiatan promosi sangat kurang. Saran yang dapat diberikan adalah pemerintah dan pihak museum harus bekerjasama melakukan pengembangan dan perbaikan gedung museum, aktivitas wisata, pengelolaan koleksi, promosi, memberikan perhatian secara langsung maupun tidak langsung serta bantuan dana untuk pengembangan museum.
References
Anggela, M. M., Karini, N. M., & wijaya, N. M. 2017. Persepsi dan Motivasi Wisatawan Yang Berkunung Ke Daya Tarik Wisata Jembong Di Kabupaten Buleleng. Jurnal IPTA, Vol. 5
Badan Pusat Statistik kota Bogor. 2019. Kota Bogor Dalam Angka 2019.
https://bogorkota.bps.go.id/publication/2019/08/16/16e1f077bf6c5cac665b4368/kota-bogor-dalam-angka-2019 diakses pada tanggal 27 Maret 2020, [Terhubung Berkala]
Biro Pusat Statistik. 1985. Pengantar pariwisata Indonesia. Jakarta:Direktorat Jenderal Pariwisata
Diskominfostandi Kota Bogor. 2016. Profil Investasi Bodang Pariwisata di Kota Bogor. https://kotabogor.go.id/index.php/page/detail/125/pariwisata diakses
pada tanggal 27 Maret 2020, [Terhubung Berkala]
Google Maps.2019. Museum Perjuangan Bogor. https://www.google.co.id/maps/@-6.5931174,106.7878321,3a,75y,88.62h,98.52t/data=!3m6!1e1!3m4!1sCU7LiBTxCYWXNrcn1Y-Zug!2e0!7i16384!8i8192 diakses pada tanggal 5 Mei 2020, [Terhubung Berkala]
Komarac, T. 2014. A New World for Museum Marketing? Facing the Old Dilemmas while Challenging New Market Opportunities, Trziste, Vol. 26 No. 2, halaman 199-214 diambil dari jurnal Wibowo, Alexander Joseph Ibnu. 2015. Persepsi Kualitas Layanan Museum Di Indonesia:Sebuah Studi Observasi. Jurnal Management Vol. 15 No. 1, halaman 13 – 40
Muksin, Dian Rizki Maulidiya dan Sunarti. 2018. Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 55 No. 1 halaman 198 –199
Siregar, Syofian. 2015. Metode Penelitian kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sulistiyana, Rezki Teguh, Djamhur Hamid & Devi Farah Azizah. 2015. Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Museum Satwa). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 25 No. 1
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta
Sutaarga, Moh. Amir.1998. Pedoman Penyelenggaraan dan Pengelolaan Museum. Jakarta :Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Proyek Pembinaan Permuseuman
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Wulandari, Y.S., & Fatchiya, A. 2017. Efektivitas Promosi Melalui Twitter Pada Perusahaan Pariwisata Bahari “Ibu Penyu”. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Vol 1 No. 2 halaman 198