STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA SEJARAH SITUS CANDI MUARA TAKUS BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELAYU DI DESA MUARA TAKUS KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU
Abstract views: 943 | pdf downloads: 746
Abstract
Candi Muara Takus adalah salah satu candi yang dibangun oleh Kerajaan Sriwijaya, sekarang candi ini terletak di Desa Muara Takus Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Selain sebagai peninggalan bersejarah, Candi Muara Takus juga dimanfaatkan sebagai produk pariwisata di Riau. Pemanfaatan bangunan bersejarah sebagai daya tarik wisata memerlukan strategi khusus untuk pengembangannya yang berbeda dari objek sejarah lainnya. Hasil analisis data wisata sejarah Candi Muara Takus berada di posisi growth strategy. Posisi growth strategy berarti wisata Candi Muara Takus memiliki faktor peluang dan kekuatan yang lebih baik. Hasil penyusunan matrik SWOT menunjukkan 4 strategi utama untuk pengembangan wisata Candi Muara Takus yaitu 1) Pengembangan pengelolaan pariwisata Candi Muara Takus, 2) Pengembangan home based enterprises pada Candi Muara Takus 3) Pemanfaatan budaya lokal dan 4) kerjasama.
References
Francois Vellas. Pemasaran Pariwisata Internasional. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta. 1999
Garsinia Lestari, Mengenal Lebih Dekat Candi Nusantara. Pacu Minat Baca, Jakarta. 2008
I.G.N. Anom, Sri Sugiyanti, Hadniwati Hasibuan, Hasil Pemugaran Dan Temuan Benda Cagar Budaya Pjp I. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Jakarta. 1996
M. Liga Suryadana. Sosiologi Pariwisata. Humaniora. Bandung. 2013
Marimin. Teknik Dan Aplikasi Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. PT. Grasindo. Jakarta. 2004
Muchtar Lutfi. Sejarah Riau. Percetakan Riau. Pekanbaru. 1997
Muhammad Arif. Menelusuri Potensi Obyek Wisata Sejarah Kota Makassar. Jurnal Rihlah Vol. 7 No. 1/2019. 2019
Myrna Sukmaratri. Kajian Objek Wisata Sejarah Berdasarkan Kelayakan Lanskap Sejarah Di Kota Palembang. Jurnal Planologi. Vol. 15, No. 2, Oktober 2018.
Slamet Muljana. Sriwijaya, Lkis Yogyakarta. 2006