Salam Wisata!

Halo, kita bertemu lagi dalam publikasi JTDA Volume 10 No.1 Juni 2022. Edisi JTDA kali ini memiliki topik yang sangat beragam sehingga patut untuk dibaca. Topik yang diangkat sangat sesuai dengan kebutuhan perkembangan pariwisata saat ini seperti wisata sejarah, wisata religi, wisata kuliner, UMKM, hotel, biro perjalanan, sampai dengan topik mengenai segmen pasar wisata keluarga. Kami tim redaksi JTDA sangat mengapresiasi kerja keras para penulis dan dengan senang hati mempublikasikan karya-karya yang telah kami proses dan seleksi untuk edisi bulan Juni 2022 ini. Semoga menjadi sumber informasi yang bermanfaat untuk menambah wawasan bagi para pembaca. Untuk edisi kali ini kami mempublikasikan sepuluh artikel dengan beragam tema yang terpilih untuk dipublikasikan.

Topik pengembangan wisata sejarah masih banyak diminati untuk diteliti  secara mendalam, seperti peneliti Asril yang menyajikan tema tentang strategi pengembangan wisata sejarah situs Candi Muara Takus berbasis kearifan lokal Melayu di Desa Muara Takus Kabupaten Riau. Sementara Farah Levyta & Calvin Liu Hendra mengangkat tema makan bedulang: sebuah tradisi kuliner komunal di Belitung, Indonesia, sedangkan Julita mengangkat tema pengaruh food blogger Instagram pada minat berwisata kuliner generasi milenial sehingga topik kuliner masih patut untuk disajikan.

Peneliti M. Yuwana Marjuka mengangkat tema pembiayaan mikro UMKM Desa WIsata; kajian ekonomi kelembagaan merupakan topik yang perlu diangkat dan dibahas untuk saat ini. Sedangkan Risa Amalia Kurniawati mengangkat pengembangan pariwisata berbasis masyarakat studi kasus Pantai Ungapan Kabupaten Malang yang sangat diperlukan saat ini dalam pengembangan wisata.

Wisata religi saat ini sedang berkembang di Indonesia, sehingga diperlukan penelitian secara mendalam. Salah satunya peneliti Herman Supriadi, Irwan Rahadi, Muh. Hilmi Pauzi, Taufik Kurniawan, & Ramli Hidir mengangkat topik tentang internalisasi nilai-nilai perjuangan Maulana Syeikh Muhammad Zainuddin Abdul Madjid melalui wisata ziarah makam. Sementara Nurul Hasanah Fidya, I Made Adhi Gunadi, Yosi Erfinda mengangkat topik strategi Biro Perjalanan Wisata Obaja Tour yang dituntut untuk menjadi adaptif dalam menghadapi krisis pandemi Covid-19, penelitian tersebut sedang banyak  diteliti akibat pandemi.

Hasil penelitian Savira Maulana, Yosi Erfinda, Nungky Puspita mengangkat tema pengaruh direct marketing terhadap keputusan pembelian dalam menggunakan social event package di Art Deco Luxury Hotel & Residence Bandung serta hasil penelitian Nelsye Lumanauw, Gst. Bgs. Wirya Gupta mengangkat tema diversifikasi paket staycation hotel Kawasan Tuban, Kabupaten Badung, Bali di masa pandemi Covid-19, kedua topik studi kasus masih diminati untuk  diteliti. Penelitian yang terakhir pada edisi jurnal kali ini ditulis oleh Akib Hehanussa, Shandra Rama Panji Wulung, Mohamad Dwi Sapari Hadian, Ayu Krisnha Yuliawati, mengangkat tema analisis segmen pasar wisata keluarga di Saung Eling, Kampung Wisata Mulyaharja, Kota Bogor.

Demikian beberapa penelitian pada Volume 10 No.1 Juni 2022 ini, semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat. Tim redaksi JTDA mengucapkan selamat membaca.

Published: 2022-06-30

Articles