Pengaruh Beauty Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Mother of Pearl di Kalangan Pengikut Instagram @tasyafarasya

  • Dinda Fathiyyah
  • Helpris Estaswara Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/publish.v3i2.7497
Abstract views: 209 | PDF downloads: 257
Keywords: Beauty Influencer, Keputusan Membeli, Produk Kecantikan, Mother of Pearl, @tasyafarasya

Abstract

Digitalisasi membuat para beauty brand mempromosikan produknya melalui media sosial. Salah satu social media influencer dari produk kecantikan adalah beauty influencer. Beauty influencer memberikan dampak positif terhadap produk dan mempengaruhi calon konsumen saat menentukan keputusan untuk membeli produk kecantikan. Keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh seseorang dengan peran dan status yang tinggi di dalam suatu perkumpulan, seperti beauty influencer. Maka, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari beauty influencer terhadap keputusan pembelian produk kecantikan Mother of Pearl kepada pengikut Instagram @tasyafarasya. Penelitian ini menggunakan konsep beauty influencer dan keputusan pembelian, sertamenggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksplanatif. Sedangkan unit analisisnya adalah individu dari kalangan pengikut Instagram @tasyafarasya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu systematic random sampling dengan menyebarkan kuesioner melalui media sosial Instagram kepada 400 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa beauty influencer berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kecantikan Mother of Pearl di kalangan pengikut Instagram @tasyafarasya. Saran bagi penelitian selanjutnya terkait dengan beauty influencer dapat memanfaatkan konsep brand image sebagai moderating varibel, sehingga bisa diketahui apakah beauty influencer tersebut hanya mempengaruhi keputusan pembelian ataukah membangun brand image yang akhirnya mempengaruhi keputusan pembelian.

Published
2024-11-28
Section
Articles