Penerapan Bauran Komunikasi Pemasaran Jiwa Toast Cabang Mutiara Gading, Bekasi Timur

  • Titah Putri Utami Universitas Pancasila
  • Muhamar Rosit Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/publish.v3i2.7647
Abstract views: 36 | PDF downloads: 38
Keywords: Bauran Komunikasi Pemasaran, Bauran Pemasaran 7P, Jiwa Toast, Komunikasi Pemasaran

Abstract

Perkembangan dan persaingan bisnis di bidang kuliner semakin memunculkan ide-ide kreatif para pemilik usaha kuliner, terutama pada era pandemi sejak awal tahun 2020 hingga 2022. Berbagai upaya dilakukan oleh para pemilik usaha dan upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan merencanakan, mengimplementasikan bauran komunikasi pemasaran serta mengevaluasi hasilnya. Guna meningkatkan brand awareness, citra positif dan peningkatan penjualan maka dapat dilakukan dengan menerapkan bauran komunikasi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan bauran komunikasi pemasaran Jiwa Toast cabang Mutiara Gading, Bekasi Timur. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi pemasaran, bauran komunikasi pemasaran dan bauran pemasaran 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process dan Physical Evidence). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara. Informan pada penelitian ini yaitu pemilik dan salah seorang karyawan Jiwa Toast cabang Mutiara Gading, Bekasi Timur dan tiga informan yang merupakan pelanggan loyal Jiwa Toast cabang Mutiara Gading, Bekasi Timur. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bisnis Jiwa Toast cabang Mutiara Gading, Bekasi Timur telah menerapkan sejumlah bauran komunikasi pemasaran seperti iklan, promosi penjualan, humas, penjualan personal dan pemasaran langsung. Penerapan bauran komunikasi pemasaran pada Jiwa Toast cabang Mutiara Gading, Bekasi Timur membuat bisnis berjalan lebih stabil dan mampu bertahan saat melewati masa pandemi Covid-19. Melalui hasil penelitian tersebut, diharapkan Jiwa Toast cabang Mutiara Gading, Bekasi Timur dapat memanfaatkan bentuk bauran komunikasi pemasaran lainnya yaitu acara dan pengalaman, pemasaran interaktif dan pemasaran dari mulut ke mulut agar lebih meningkatkan hubungan baik yang lebih erat dengan pelanggan dan juga akan mendukung peningkatan penjualan di waktu yang akan datang.

Published
2024-11-28
Section
Articles