Lembaga Penyiaran Publik – Radio Republik Indonesia: Studi Produksi dan Distribusi Konten dalam Era Integrasi Media
Abstrak views: 495 | PDF (English) downloads: 1214
Abstrak
Tersedianya beragam media memberi banyak pilihan dan juga peluang untuk menggabungkan penyebaran konten kepada publik. Integrasi media dalam menyebarkan konten serupa bukan saja memberi peluang lebih bagi organisasi media, tetapi juga memberi kemudahan bagi publik yang saat ini juga memiliki perilaku menggunakan multimedia dalam mengakses informasi. Artikel ini bertujuan memberikan deskripsi penggabungan media publik radio dan media baru Youtube, dalam menyebarkan konten. Pendekatan kualitatif dan konsep strategi penyebaran konten menjadi rujukan dalam menjabarkan deskripsi kajian. Melalui teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi, kajian ini berhasil menemukan strategi yang dilakukan LPP RRI. Produksi siaran radio dilakukan mandiri oleh LPP RRI, lalu distribusinya dilakukan bertahap dengan memanfaatkan jejaring RRI terlebih dulu, kemudian diperluas penyebaran kontennya melalui jejaring media sosial Youtube. Tantangan yang juga ditemukan dalam kajian adalah integrasi masih belum optimal, mengingat digitalisasi belum dilakukan, sehingga penyebaran konten masih terbatas dan belum bisa menandingi konten yang disebarluaskan melalui media digital. Hal ini menjadi masukan bagi LPP RRI untuk bisa mengoptimalisasi produksi dan distribusi kontennya melalui media digital.