Manajemen Redaksi Pemberitaan Sepakbola Nasional di Masa Pandemi Covid-19

  • Narayana Mahendra Prastya Universitas Islam Indonesia
  • Muhammad Diast Reyhanrafif Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Indonesia
DOI: https://doi.org/10.35814/publish.v2i1.4883
Abstrak views: 405 | PDF (English) downloads: 399

Abstrak

Pandemi Covid-19  telah berdampak pada aktivitas jurnalistik, termasuk pada konteks liputan olahraga. Sempat dihentikannya kompetisi olahraga dan pembatasan aktivitas secara luring memaksa media harus mencari tema berita. Pada konteks akademik, tema mengenai manajemen redaksi pemberitaan olahraga media di Indonesia di masa pandemi belum banyak dibahas. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan narasumber perwakilan dari redaksi media. Terdapat empat media yang menjadi informan penelitian ini yakni Bolasport.com, Detik.com, Jawapos.com, dan Okezone.com. Hasil penelitian secara garis besar fokus pada (1) tema berita olahraga yang diangkat dan (2) strategi kerja redaksi dan teknik liputan. Pada tema berita, media memberitakan peristiwa olahraga di waktu lalu, dampak pandemi bagi para pelaku olahraga, dan aktivitas pelaku olahraga ketika kompetisi dihentikan. Ada pun strategi kerja redaksi media menerapkan work from home secara dominan. Teknik liputan media menggunakan sumber berita dari media resmi klub olahraga, mengembangkan informasi yang ada di media sosial, dan melakukan wawancara menggunakan telepon dengan narasumber, dan menghadiri konferensi pers yang digelar oleh organisasi olahraga secara daring.

Diterbitkan
2023-05-30
Bagian
Articles