Motif Belanja Menggunakan ShopeeFood Selama Masa Pandemi COVID-19

  • Rifki Nur Saputro Universitas Pancasila
  • Sofia Primalisanti Devi Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/publish.v3i1.6359
Abstrak views: 146 | PDF (English) downloads: 176

Abstrak

Hadirnya e-commerce ShopeeFood membuat konsumen dapat berbelanja makanan serta minuman dengan leluasa tanpa harus sulit untuk keluar rumah. Online Food Delivery (OFD) ShopeeFood pada saat COVID-19 mampu menjangkau banyak masyarakat di Indonesia untuk mempermudah aktivitas sehari-harinya dalam mencari makanan dan minuman. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana motif belanja penggunaan ShopeeFood pada konsumen selama pandemi COVID-19. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana motif belanja penggunaan ShopeeFood pada konsumen selama pandemi COVID-19. Konsep yang digunakan adalah motif konsumen, e-commerce, perilaku konsumen, dan tren belanja online. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivis dengan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen tergerak karena adanya utilitarian shopping motives pada penggunaan ShopeeFood selama masa pandemi COVID-19. Terlihat adanya keseragaman dalam hal kebiasaan belanja makanan dan minuman serta adanya peningkatan aktivitas belanja yang didorong atas ketertarikan promo-promo dan berburu diskon yang merujuk pada hedonic shopping motives. Kedua motif berfungsi secara bersamaan dalam aktivitas belanja pengguna ShopeeFood pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran pada motif belanja konsumen dalam menggunakan ShopeeFood.

Diterbitkan
2024-05-27
Bagian
Articles