Desain Konseptual untuk Sistem Suspensi Regeneratif melalui Pemanfaatan Permanent Magnet Linear Generator
Abstract views: 395 | PDF downloads: 344
Abstract
Inovasi dan pengembangan berkelanjutan selalu dilakukan di bidang otomotif, terutama untuk kendaraan guna memaksimalkan efisiensi bahan bakar yang dikonsumsi. Inovasi ini juga digunakan untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan saat mengemudi. Kondisi jalan yang tidak selalu rata menyebabkan kehilangan konsumsi bahan bakar yang terpisah karena pengemudi harus memperlambat kendaraan untuk menghindari getaran yang berlebihan. Inovasi penting yang dikembangkan adalah sistem suspensi regeneratif, yang berfungsi untuk menyerap energi getaran yang dihasilkan oleh sistem suspensi. Suspensi regeneratif mengubah energi getaran menjadi listrik melalui penempatan generator linier. Pengembangan teknologi Permanent Magnet Linear Generator (PMLG) masih sangat baru dan perlu dibuat dalam satu kerangka desain konseptual. Peneltiian ini menggunakan kerangka desain VDI 2221 dan metode eksperimen untuk memvalidasi hasil dari desain PMLG. VDI 2221 dipilih karena sistem PMLG telah memasuki tahap pengembangan. Fokus desain adalah pada pemilihan ukuran kawat stator, dan ditemukan bahwa penggunaan kabel yang berbeda memberikan kinerja dengan karakteristik masing-masing. Hasil pengujian pada desain dipilih dengan variable ukuran kawat stator AWG 28, 27 dan 25 menunjukan nilai konstanta generator tertinggi ada pada ukuran 27. Nilai konstanta generator menjadi indikator penting untuk mengetahui performa dari PMLG dan nilai ini dapat dijadikan sebagai rujukan awal untuk penerapan sistem PMLG pada suspensi regenerative.
Downloads
Copyright (c) 2020 Teknobiz : Jurnal Ilmiah Program Studi Magister Teknik Mesin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.