OPTIMASI PEMILIHAN MATERIAL REAR AXLE HOUSING MODEL T8 JENIS TRUK KAPASITAS 7,5 TON

  • Parjiman PT.mitsubishi krama yudha motor and manufacturing
  • Djoko Karmiadji Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/teknobiz.v8i2.899
Abstract views: 156 | PDF downloads: 639
Keywords: metode elemen hingga, rear axle housing, pro-engineer

Abstract

Truk adalah jenis transportasi yang banyak digunakan untuk mengangkut muatan baik hasil
pertanian, perkebunan, pertambangan dan lain sebagainya. Ada beberapa varian kapasitas truk yang selama
ini dibuat oleh pabrik. Salah satunya truk dengan kapasitas 7,5 ton. Masalah yang timbul adalah truk
mengalami patah di bagian rear axlenya. Dengan metode elemen hingga untuk menganalisa desain kekuatan
rear axle housing yang menggunakan material Hot Rolled Steel Plate dengan ketebalan 8mm dan
menggunakan software pro-engineer didapat tegangan von mises 158,5 Mpa, Displacement 0,307mm dan
strain max 0,000835mm dengan angka keamanan sebesar 5,29

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-06-27
How to Cite
Parjiman, & Karmiadji, D. (2018). OPTIMASI PEMILIHAN MATERIAL REAR AXLE HOUSING MODEL T8 JENIS TRUK KAPASITAS 7,5 TON. Teknobiz : Jurnal Ilmiah Program Studi Magister Teknik Mesin, 8(2), 82-87. https://doi.org/10.35814/teknobiz.v8i2.899
Section
Articles