MODIFIKASI DESAIN CHASIS KENDARAAN HYBRID PADA BUS SCANIA K360IB

  • Riyan Ariyansah Universitas Singaperbangsa Karawang
DOI: https://doi.org/10.35814/teknobiz.v7i3.913
Abstract views: 242 | PDF downloads: 702
Keywords: Daya mesin, Bus Hybrid, safety

Abstract

Mobil hybrid sebuah mobil yang menggabungkan mesin dengan menggunakan bahan
bakar minyak dan mesin dengan pengerak motor menggunakan tenaga baterai. Ada beberapa
tujuan dari teknologi mobil Hybrid, seperti mobil irit bahan bakar, peningkatan tenaga mobil dan
daya tambahan untuk penambahan alat yang menggunakan daya listrik pada mobil, seperti audio.
Tujuan penelitian yang hendak dicapai yaitu menentukan pilihan varian terbaik dalam
modifikasi kendaraan bus hybrid, yang dilihat dari beberapa faktor terutama dari safety,
menentukan disain kerangka yang akan dimodifikasi lalu dilakukan perubahan menjadi kendaraan
bus hybrid dengan menentukan varian terbaik, setelah dilakukan pemilihan varian maka didapatlah
hasil pemilihan varian kendaraan bus hybrid, dan dari hasil tersebut mana yang lebih
menguntungkan untuk digunakan.
Setelah dilakukan pembuatan varian konsep, maka dipilih varian ke 1 dari hasil
kombinasi prinsip yang terdapat pada tabel 3.12 dengan beberapa pertimbangan di atas dihasilkan
variasi-variasi varian 1 : 1,1 : 2,2 : 3,1 : 4,2 : 5,1 : 6,2 : 7,1. Sedangkan dari sisi keamanan rangka
chasis kendaraan bus hybrid dari perhitungan diatas, di dapatkan nilai tegangan Von Mises
maksimum pada rangka kotak hollow sebesar dengan perhitungan manual sedang dengan
menggunakan sofware sebesar .
Daya mesin (Power) sebesar 1.749 rpm, sedangkan daya tarik (HP) sebesar 3.93 Hp.

Published
2017-10-26
Section
Articles