ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Pengguna Sepatu Ventela di Wilayah Cilandak, Jakarta Selatan)

  • Hendri Yanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Iha Haryani hatta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Ateniyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/jimp.v3i2.5579
Abstract views: 312 | PDF downloads: 275

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan word of mouth terhadap brand image dan dampaknya pada keputusan pembelian sepatu Ventela di wilayah Cilandak, Jakarta Selatan.  Sampel dalam penelitian ini sebanyak 135 orang. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur.  Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kualitas produk dan word of mouth terhadap Brand image sepatu Ventela di wilayah Cilandak, Jakarta Selatan. Brand image memiliki peran penting dalam mengembangkan brand suatu produk karena brand image memiliki aspek reputasi dan kredibilitas yang akan digunakan konsumen sebagai pertimbangan dalam menggunakan suatu produk maupun jasa.Terdapat pengaruh kualitas produk dan word of mouth terhadap keputusan pembelian sepatu Ventela di wilayah Cilandak. Kualitas produk merupakan salah satu aspek yang diperhatikan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Kualitas produk yang baik akan memberikan kepercayaan kepada konsumen yang akan menjadi motivasi bagi konsumen untuk membeli produk tersebut.Brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepatu produk Ventela wilayah Cilandak, Jakarta selatan. Brand suatu produk juga sangat diperhatikan konsumen dalam mengambil keputusan pembelian karena konsumen ketika membeli barang cenderung mempertimbangkan brand terkenal dan berkualitas tinggi untuk mengurangi risiko masalah setelah pembelian. Nilai R Square untuk variabel keputusan pembelian yang diperoleh adalah sebesar 0,513 atau 513%. Hasil tersebut menunjukan bahwa pengaruh kualitas produk, word of mouth  dan brand image secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 513% terhadap keputusan pembelian produk sepatu Ventela, sedangkan sebanyak (1-R Square) 48.7% sisanya merupakan besar kontribusi pengaruh yang diberikan oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci : Kualitas produk, word of mouth, brand image, keputusan pembelian

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of product quality and word of mouth on brand image and its impact on purchasing decisions for Ventela shoes in the Cilandak area, South Jakarta.  The sample in this study were 135 people. The analysis method in this study uses path analysis.  The results showed that there was an effect of product quality and word of mouth on the brand image of Ventela shoes in the Cilandak area, South Jakarta. Brand image has an important role in developing a product brand because brand image has aspects of reputation and credibility that consumers will use as a consideration in using a product or service.There is an influence of product quality and word of mouth on purchasing decisions for Ventela shoes in the Cilandak area. Product quality is one of the aspects that consumers pay attention to in making purchasing decisions. Good product quality will give consumers confidence which will be a motivation for consumers to buy these products.Brand image affects the decision to purchase Ventela product shoes in the Cilandak area, South Jakarta. The brand of a product is also very concerned about consumers in making purchasing decisions because consumers when buying goods tend to consider well-known and high-quality brands to reduce the risk of problems after purchase. The R Square value for the purchasing decision variable obtained is 0.513 or 513%. These results indicate that the effect of product quality, word of mouth and brand image together have an influence of 513% on the decision to purchase Ventela shoe products, while as much as (1-R Square) the remaining 48.7% is the contribution of the influence provided by other factors not examined.

Keywords: Product quality, word of mouth, brand image, purchase decision, purchase decision

Published
2023-09-30
How to Cite
Yanto, H., Iha Haryani hatta, & Ateniyanti. (2023). ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Pengguna Sepatu Ventela di Wilayah Cilandak, Jakarta Selatan). JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 3(2), 147-156. https://doi.org/10.35814/jimp.v3i2.5579
Section
Articles