Keberhasilan Content Creator Ditentukan oleh Kreativitas Konten dan Skill Mengedit Video

  • Sigit Pramono Hadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kasih Bangsa
  • Dyandra Raversa Alwie Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Interstudi
  • Yuni Fitria Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Interstudi
DOI: https://doi.org/10.35814/coverage.v15i1.5883
Abstract views: 200 | PDF downloads: 165
Keywords: Keberhasilan Content Creator, Kreativitas Konten, Skill Edit Video

Abstract

Salah satu fenomena menarik dalam dinamika bermedia sosial adalah warga internet (warganet) yang berlomba-lomba membuat dan mengunggah konten kreatif yang menarik perhatian dan menjadi perbincangan. Fenomena ini memunculkan terminologi baru yaitu pembuat konten (content creator) yang merujuk pada sebuah profesi baru yang tugasnya adalah menyusun dan membuat materi (konten) baik untuk tujuan edukasi, marketing maupun hiburan. Dilihat dari data yang ada, pengguna media sosial di Indonesia didominasi oleh generasi milenial dan generasi Z diantaranya adalah mahasiswa. Mahasiswa sebagai agen perubahan turut memberi warna baru dalam aktivitas masyarakat, yaitu dengan komunikasi digital lewat media sosial. Penelitian ini fokus pada aspek-aspek penting dalam pembuatan konten yang berkualitas dan menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konten yang kuat dan menarik biasanya berkisah tentang aktivitas keseharian atau sesuai passion content creator, seperti musik, ulasan kuliner atau memotivasi perihal kekurangan diri (body positivity). Keberhasilan content creator membuat konten kuat dan menarik sangat ditentukan oleh dua hal, yaitu kreativitas topik dan kemampuan melakukan editing. Konten yang kreatif biasanya berkisar tentang keseharian dengan sudut pandang yang unik dan tidak jarang content creator harus berpikir diluar kelaziman (out of the box). Sedangkan faktor lain yaitu pemahaman dan keterampilan menggunakan aplikasi editing diperlukan untuk menyempurnakan hasil produksi foto atau video baik dari sisi warna, suara, hingga efek tertentu yang diharapkan. Kesempatan untuk mendapatkan keuntungan finansial menarik minat mahasiswa untuk menekuni profesi content creator ini sambil menjalani hari-hari rutin berkuliah di kampus.

References

Abdullah, F. (2021). Jenis-jenis Digital Content Pada Akun Instagram Kreativv_id. Jenis-Jenis Digital Content Pada Akun Instagram. http://repository.untag-sby.ac.id/12456/1/ETS technopreneurship.pdf

Arriagada, A., & Ibáñez, F. (2020). “You Need At Least One Picture Daily, if Not, You’re Dead”: Content Creators and Platform Evolution in the Social Media Ecology. Social Media and Society. 1-12. https://doi.org/10.1177/2056305120944624

Blank, G. (2013). Who Creates Content? Information, Communication & Society, 16(4), 590-612. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/1369118X.2013.777758

Boestam, A. B., & Derivanti, A. (2022). Komunikasi Digital Dan Perubahan Sosial. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(4), 2829–2834. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i4.4032/http

Cecariyani, S. A., & Sukendro, G. G. (2019). Analisis Strategi Kreatif dan Tujuan Konten Youtube (Studi Kasus Konten prank Yudist Ardhana). Prologia, 2(2), 495–502. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3735

Ghulam. (2022). Cara Membuat Konten yang Menarik di Instagram dan YouTube. https://sasanadigital.com/cara-membuat-konten-yang-menarik/

Guha, S., Mandal, A., & Kujur, F. (2021). The social media marketing strategies and its implementation in promoting handicrafts products: a study with special reference to Eastern India. Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship, 23(2), 339-364. https://doi.org/10.1108/JRME-07-2020-0097

Gunadi, A. P. (2020). The Black Book For Content Creator to Build Personal Brand in Social Media.

Hermawan, S., Rochmaniah, A., & Yani, D. M. (2021). Peningkatan Keterampilan Content Creator Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 5(1), 301–309.

Holmbom, M. (2015). Institutionen för informatik Digital medie produktion Examensarbete på kandidatnivå, 15 hp The YouTuber A Qualitative Study of Popular Content Creators. Digitala Vetenskapliga Arkivet, 41. https://www.diva-portal.org/smash/record.jsf?pid=diva2%3A825044&dswid=2875

Isroissholikhah, W. O. (2022). Efektivitas Content Creator Dalam Strategi. Sibatik Journal, 2(1), 121–128. https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIBATIK/article/view/507

Mahendra, R., Perssela, R. P., & Rahmadianti, W. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektivitas Komunikasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Jimakukerta), 2(3), 650–656. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i3.4525

Murodi, A., Barnabas, R. A., & Antika, Y. (2023). Peningkatan Kemampuan Videografi dan Editing Video untuk Medsos di Majelis FORSIMMA Pondok Melati. Mitra Teras: Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 35–40. https://doi.org/10.58797/teras.0201.05

Primawanti, E. P., & Ali, H. (2022). Pengaruh Teknologi Informasi, Sistem Informasi Berbasis Web Dan Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan (Literature Review Executive Support Sistem (Ess) for Business). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 267–285., 3(3). https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i3.818

Putri, S. . (2022). Impact of Electronic Word of Mouth Using Influencers on Brand Awareness and Purchase Intention Santika Vania Putri. Journal of Strategic Communication, 13(1), 11–25. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/view/3913

Ricko, R., & Junaidi, A. (2019). Analisis Strategi Konten Dalam Meraih Engagement pada Media Sosial Youtube (Studi Kasus Froyonion). Prologia 3(1), 231–237. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6245

Sagita, A., & Kadewandana, D. (2017). Hubungan parasosial di media sosial: Studi pada fandom Army di Twitter. CoverAge, 8(1), 45–58. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/view/582

Saputra, A. (2019). Survei Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Menggunakan Teori Uses And Gratifications. Jurnal Dokumentasi Dan Informasi,40(2). https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.476

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sundawa, Y. A., & Trigartanti, W. (2018). Fenomena Content Creator di Era Digital Content Creator Phenomenon In Digital Era. Prosiding Hubungan Masyarakat.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Yuri, H. P. (2022). Penerimaan Audiens atas Konten Pariwisata dari Virtual Youtuber Andi Adinata. Coverage, 13(1), 39-49. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/coverage/article/view/3336

Published
2024-09-23
How to Cite
Hadi, S. P., Alwie, D. R., & Fitria, Y. (2024). Keberhasilan Content Creator Ditentukan oleh Kreativitas Konten dan Skill Mengedit Video. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 15(1), 58-69. https://doi.org/10.35814/coverage.v15i1.5883
Section
Articles