Faktor Pendorong dan Penarik Wisatawan terhadap Jazz Gunung Bromo sebagai Atraksi Music Tourism di Jawa Timur
Abstract views: 1151 | pdf (Bahasa Indonesia) downloads: 2139
Abstract
Tujuan dari penelitian music tourism ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi eksisting Jazz Gunung serta mengidentifikasi faktor pendorong dan penarik wisatawan terkait Jazz Gunung Bromo sebagai atraksi music tourism di Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan memanfaatkan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi eksisting Jazz Gunung Bromo sudah memenuhi indikator atraksi dari Walsh-Heron dan Stevens dalam Swarbrooke. Faktor pendorong yang paling dominan dalam mendorong wisatawan untuk menghadiri event Jazz Gunung Bromo adalah motivasi fisik, dan faktor penarik wisatawan yang membuat wisatawan tertarik untuk menghadiri Jazz Gunung Bromo adalah tempat serta pengisi acara.
References
Badan Pusat Statistik. 14 Maret 2018. https://www.bps.go.id/subject/16/pariwi sata.html
Campbell, Richard Bret. 2011. A Sense of Place: Examining music-based tourism and its implications in destination venue placement. University of Nevada Las Vegas.
CNN. 7 Maret 2017. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170429184052-307-211145/genjot-wisatawan-kemenpar-dukung-mice-2017
CNN. 9 April 2018. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180309095041-269-281666/wisata-musik-potensi-yang-diabaikan
CNN. 5 Mei 2018. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170819154512-307-235867/kolaborasi-3-penggagas-tenar- suguhkan- jazz-gunung-bromo
Dann, Graham M.S.. 1977. Anomie, Ego- Enhancement and Tourism. [Jurnal]. Annals of Tourism Research Vol. IV, No.4.
Gibson, Chris, John Connell. 2005. Music and Tourism: On the Road Again. Multilingual Matters.
Ijen Summer Jazz. 24 Mei 2018. http://www.ijensummerjazz.com Ismayanti. 2010. Pengantar Pariwisata. Jakarta (ID): PT Grasindo.
Java Jazz. 7 Maret 2018 https://www.javajazzfestival.com
Jazz Gunung. 3 Mei 2018. http://jazzgunung.com/ticket/jazz- gunung-bromo-2018
Kompas. 28 Mei 2018. https://travel.kompas.com/read/2014/06/26/1747272/Sigit.Pramono.Bank. Fotografi.dan.Jazz.Gunung
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Salemba (ID): Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
Popp, Leanna. 2013. Understanding the Push and Pull Motivations and Itinerary Patterns of Wine Tourists. Thesis]. Michigan State University.
Republika. 3 Juni 2018.
Ross, Glenn F. 1998. Psikologi Pariwisata. Jakarta (ID): Yayasan Obor Indonesia.
Said, Jumrin, Maryono. 2018. Motivation and Perception of Tourists as Push and Pulls Factors to Visit National Park. [Jurnal]. E3S Web of Conferences 31.
Sari, Fitria. 2014. Tinjauan Terhadap Motivasi Wisatawan Berkunjung ke Objek Wisata Air Terjun Aek Martua Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. [Jurnal]. Jom FISIP Volume 1 No.2.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung (ID): Alfabeta.
Swarbrooke, John. 2002. The Development and Management of Visitor Attractions. Great Britain (GB): Butterworth- Heinemann.
Tung, Vincent Wing Sun, & J. R. Brent Ritchie. 2011. Exploring the Essence of Memorable Tourism Experience. [Jurnal]. Annals of Tourism Research, Vol. 38, No. 4.
UK Music. 2017. The Contribution of Live Musicto the UK Economy. United Kingdom (UK): UK Music.
Wibisono, Aunurrahman. 2016. Potensi Pariwisata Musik Sebagai Alternatif Pariwisata Baru di Indonesia (Contoh Kasus Java Jazz). [Tesis]. Yogyakarta (ID): Universitas Gadjah Mada