Analisis Dinamik Rem Cakram (Disc Brake) atau Rem Piringan pada Sepeda Motor Supra X 125

  • Alfian Saputra Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa
  • Royani Munandar Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa
DOI: https://doi.org/10.35814/teknobiz.v12i2.3612
Abstract views: 628 | PDF downloads: 1048
Keywords: Gaya gesek, Rem, Variasi kecepatan

Abstract

Salah satu komponen yang terpenting pada sepeda motor adalah rem. Rem merupakan komponen yang berfungsi untuk menghentikan putaran poros, mengatur kecepatan putaran poros dan mencegah putaran yang tidak dikehendaki dengan menggunakan gesekan, singkatnya rem berfungsi untuk memperlambat laju dari sepeda motor. Rem merupakan salah satu alat keselamatan berkendara karena dengan adanya rem maka sepeda motor akan berhenti dengan baik. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu membandingkan beberapa variasi kecepatan dan besaran gaya yang diberikan pada rem kendaraan terhadap kemampuan pengereman, bahwa kemampuan pengereman dapat di lihat dari besar gaya gesek, torsi dan gaya pada pedal rem. Gaya tekan terhadap pad rem mempengaruhi gaya gesek yang terjadi di setiap kecepatan yang berbeda beda pada kecepatan 41 km/j gaya gesek yang didapat 56,3 kg, kecepatan 53 km/j gaya gesek 59,6 kg, kecepatan 62,3 km/j gaya gesek 62,1 kg, kecepatan 73 km/j gaya gesek 62,3 kg, kecepatan 83 km/j gaya gesek 63,7 kg.

Author Biography

Royani Munandar, Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa

Program Studi Teknik Mesin, Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa, Bekasi, Indonesia

Published
2022-07-15
Section
Articles