Studi Kelayakan Jenis Baterai Kendaraan Listrik Roda Empat Dengan Metode Weigthed Objective Untuk Program Kendaraan Listrik Di Indonesia

Authors

  • Rahayu MTM
  • Djoko W. Karmiadji Universitas Pancasila
  • La Ode M. Firman Universitas Pancasila

DOI:

https://doi.org/10.35814/teknobiz.v13i2.5292

Keywords:

Baterai Kendaraan Listrik, Lead Acid, Nickel Metal Hydrid, Lithium ion, Metode Weighted Objective

Abstract

Baterai merupakan salah satu komponen terpenting pada kendaraan listrik. Dari beberapa jenis aki yang ada di pasaran saat ini, Indonesia harus bisa mengkolaborasikan antara ketersediaan bahan baku dan teknologi pembuatan dan perakitan baterai tersebut agar jenis baterai yang dikembangkan efektif dan mampu bersaing di pasaran. Penelitian ini dilakukan untuk mensimulasikan baterai Lead Acid, Nickel Metal Hydride (NiMH), dan Lithium-ion (Li-ion). Data yang dihasilkan merupakan hasil kajian literatur dengan menggunakan metode weighted objective dengan membandingkan kriteria yaitu kepadatan energi, emisi baterai, proses manufakturing, ketersediaan bahan baku utama, dan fasilitas daur ulang dari baterai. Data yang diperoleh untuk setiap kriteria digunakan sebagai dasar pembobotan dengan menggunakan metode weighted objective. Hasil perhitungan dari metode tersebut jenis baterai Li-ion memperoleh nilai 280, NiMH memperoleh nilai 270, dan lead acid memperoleh nilai 220. Nilai tersebut dapat dijadikan referensi sebagai tingkat kelayakan untuk implementasi baterai kendaraan listrik roda empat di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Djoko W. Karmiadji, Universitas Pancasila
    Magister Teknik Mesin, Universitas Pancasila
  • La Ode M. Firman, Universitas Pancasila
    Magister Teknik Mesin Universitas Pancasila

Downloads

Published

2023-07-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

Studi Kelayakan Jenis Baterai Kendaraan Listrik Roda Empat Dengan Metode Weigthed Objective Untuk Program Kendaraan Listrik Di Indonesia. (2023). Teknobiz : Jurnal Ilmiah Program Studi Magister Teknik Mesin, 13(2), 123-129. https://doi.org/10.35814/teknobiz.v13i2.5292