Permodelan Air Suspension Semi Aktif Pada Sepeda Motor Roda Dua Bagian Belakang

  • Steven Gerrits Universitas Pancasila
  • Yohanes Dewanto Universitas Pancasila
  • Indra Setiawan Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/teknobiz.v8i3.890
Abstract views: 226 | PDF downloads: 669
Keywords: Motorcycle, Suspension, Model, Matlab

Abstract

Pengemudi ojek online ( angkutan umum ) pada umumnya mengendarai sepeda motor dengan waktu
lebih banyak dibandingkan pengendara sepeda motor. Hal ini mempengaruhi kenyamanan pengemudi.
Ditambah lagi bila melewati jalan dengan banyak bumps serta crackedholes setinggi 10 cm.
Penelitian ini bertujuan mencari model sistem suspensi kendaraan yang lebih baik dari segi
kenyamanan dibandingkan yang ada saat ini, ketika melewati bumps serta cracked holes. Metode awal adalah
membuat model dalam bentuk gambar. Lalu diturunkan ke rumus persamaan matematis. Selanjutnya dibuat
aplikasi dalam bentuk program berbasis Matlab. Tujuan akhirnya adalah mendapat besaran nilai peredam
yang harus diredam kemudian nilai tersebut diganti dengan batasan peredam variable pneumatik yang ada
dipasaran. Hasil dari penelitian ini ketika gaya luar 40,2 N sin 15 serta bumps setinggi 10 cm dihadapi sepeda
motor maka untuk kemabali ke steady state didapat waktu 7 detik lebih cepat dibandingkan dengan suspensi
pasif. Namun dalam pemakaian jalan rata lebih baik sistem suspensi pasif karena nilai amplitudo getaranya
lebih besar yaitu suspensi semi aktif 1,7 x 10 -4 meter dan suspensi pasif 2,5 x 10 -5 meter.
Kata kunci: sepeda motor, suspensi, model, Matlab

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-26
How to Cite
Gerrits, S., Dewanto, Y., & Setiawan, I. (2018). Permodelan Air Suspension Semi Aktif Pada Sepeda Motor Roda Dua Bagian Belakang. Teknobiz : Jurnal Ilmiah Program Studi Magister Teknik Mesin, 8(3), 101-107. https://doi.org/10.35814/teknobiz.v8i3.890
Section
Articles