DETERMINAN MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL (Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan 2014-2019 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila)

  • Annisya Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Eka Sudarmaji Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
  • Widyaningsih Azizah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/jiap.v3i1.3664
Abstract views: 194 | PDF downloads: 226
Keywords: Minat Investasi, Motivasi, Pasar Modal, Pengetahuan, Persepsi risiko.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari motivasi, pengetahuan dan persepsi risiko terhadap minat investasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan BisnisĀ  Universitas Pancasila di Pasar Modal. Desain dalam penelitian ini adalah kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Strata 1 Prodi Akuntansi FEB UP dengan kriteria mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah pasar modal dan manajemen keuangan. Sebanyak 193 mahasiswa angkatan 2014-2019 yang menjadi responden dari kuesioner yang telah dibagikan oleh peneliti melalui google form. Uji instrument dianalisis menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Serta teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel motivasi dan pengetahuan secara parsial terhadap minat investasi di pasar modal. Namun variabel persepsi risiko terbukti bahwa tidak memiliki pengaruh terhadap minat investasi di pasar modal. Secara simultan variabel motivasi, pengetahuan dan persepsi risiko memiliki pengaruh terhadap minat investasi di pasar modal.

Published
2023-03-31
How to Cite
Annisya Putri, Eka Sudarmaji, & Widyaningsih Azizah. (2023). DETERMINAN MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL (Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Angkatan 2014-2019 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila). Jurnal Ilmiah Akuntansi Pancasila (JIAP), 3(1), 58-70. https://doi.org/10.35814/jiap.v3i1.3664
Section
Articles