Optimasi Proses Produksi Kawat Untuk Kabel Rem Motor
Abstract views: 775 | PDF downloads: 326
Abstract
ABSTRAK
Sistem rem dalam suatu kendaraan sepeda motor termasuk sistem yang sangat penting karena berkaitan dengan faktor keselamatan berkendara. Sistem rem berfungsi untuk memperlambat dan atau menghentikan sepeda motor dengan cara mengubah tenaga kinetik/gerak dari kendaraan tersebut menjadi tenaga panas. Perubahan tenaga tersebut diperoleh dari gesekan antara komponen bergerak yang dipasangkan pada roda sepeda motor dengan suatu bahan yang dirancang khusus tahan terhadap gesekan. Gesekan (friction) merupakan faktor utama dalam pengereman. Oleh karena itu komponen yang dibuat untuk sistem rem harus mempunyai sifat bahan yang tidak hanya menghasilkan jumlah gesekan yang besar, tetapi juga harus tahan terhadap gesekan dan tidak menghasilkan panas yang dapat menyebabkan bahan tersebut meleleh atau berubah bentuk. Selain material yang bergesekan diperlukan kawat rem yang baik sehingga tidak mudah putus pada saat dilakukan pengereman untuk itu pemilihan kawat rem juga sangat kritis. Material yang biasa digunakan untuk kawat rem yaitu baja karbon tinggi yang memiliki kuat tarik dan elastisitas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mencapai spesifikasi dengan hasil yang diinginkan pelanggan yaitu dengan scrap yang sangat sedikit dan bisa memenuhi permintaan pelanggan tepat waktu dan sesuai standard yang diminta [1]. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa material SWRH62A merupakan material yang paling tepat untuk dijadikan bahan kawat rem. Temperatur Pathenting yang tinggi bisa menghaluskan butir pada struktur mikro sehingga kecepatan yang diberikan pada proses drawing bisa lebih maksimal. Kecepatan 250 M/menit adalah kecepatan maksimal untuk proses drawing dengan hasil yang sesuai spesifikasi. Kecepatan Mesin 275 M/Menit tidak disarankan digunakan karena dapat mengakibatkan penurunan kualitas (kuat tarik, pemuluran, lapisan zinc).
Downloads
Copyright (c) 2019 Teknobiz : Jurnal Ilmiah Program Studi Magister Teknik Mesin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.