Analisis Desain Disc Brake Rotor Pada Kendaraan Roda Empat

  • A.L Andriana Syarip SMK Negeri 1 Sukabumi
  • Amin Suhadi
DOI: https://doi.org/10.35814/teknobiz.v9i3.1155
Abstract views: 265 | PDF downloads: 752
Keywords: disc brake rotor, drilled disc rotor, equivalent elastic strain, equivalent stress disc brake, total deformation

Abstract

ABSTRAK

Meningkatnya jumlah kendaraan yang tidak sebanding dengan penambahan ruas jalan, berpotensi meningkatkan angka kecelakaan lalu lintas. Dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, setiap tahun di Indonesia  tercatat  hampir 3000 kejadian kecelakaan. Sebanyak 9,78% nya kejadian kecelakaan disebabkan karena faktor kendaraan, 59,03% faktor kendaraan yang dominan menimbulkan kecelakaan adalah karena rem [1]. Dari data Korlantas Mabes Polri menyebutkan bahwa 65,67% faktor penyebab kecelakaan adalah karena faktor kelalaian manusia dan kendaraan [2]. Lima aspek dari kendaraan pemicu kecelakaan lalu lintas sebesar 59,03% disebabkan karena rem yang kurang berfungsi [3].Kasus panas memiliki efek yang besar terhadap pengereman, selain dapat memacetkan gerakan piston pendorong kampas rem, panas juga akan menurunkan koefisien gesek kampas rem secara drastis [4]. Sehingga, untuk mendapatkan pengereman yang efektif pada kondisi panas lebih, memerlukan gaya pengereman yang lebih besar. Keadaan ini berpotensi merusak seal atau selang minyak rem sehingga rem gagal berfungsi (blong).

Penelitian ini menghasilkan tipe disc brake rotor yang optimal melepas panas untuk kendaraan pada penelitian ini adalah tipe drilled disc rotor, yaitu model desain 7. Dengan jumlah lubang pada rotornya sebanyak 70 buah dengan diameter 5 mm. Desain disc brake rotor nya dibuat adanya alur melingkar antara piringannya dan dudukan ke porosnya.Dari hasil simulasi dengan menggunakan bantuan perangkat lunak Ansys menunjukkan hasil analisis equivalent elastic strain disc brake untuk simulasi tipe static structural, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa equivalent elastic strain terbesar yaitu sebesar sebesar 1.6711e-5 mm. Selanjutnya untuk hasil analisisequivalent stress disc brake untuk simulasi tipe equivalent (von-Mises) stress, maka dapat ditarik kesimulan bahwa equivalent stress terbesar yaitu sebesar sebesar 3.2985 MPa. Pada hasil analisis total deformation disc brake untuk simulasi tipe static structural, maka dapat ditarik kesimulan bahwa deformasi terbesar berada pada diameter terluar sebesar 0.00068122 mm.

Published
2019-12-19
Section
Articles