PENGARUH VARIASI DIMENSI VELOCITY AIR INTAKE CYCLONE TERHADAP UNJUK KERJA DAN EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR
Abstract views: 928 | PDF downloads: 943
Abstract
Sebagaimana telah diketahui secara umum, bahwa velocity air intake system, merupakan sebuah bagian penting kendaraan bermotor. Karena hal itulah produk ini mengalami perkembangan pesat dan mempunyai pelanggan yang semakin meningkat. Fungsi velocity air intake system adalah berfungsi sebagai alat dalam optimasi untuk mengirimkan udara yang masuk ke throttle body atau karburator. Namun kenyataanya banyak orang mengabaikan cara meningkatkan performa mesin dengan menvariasikan model atau mengganti velocity air intake itu sendiri. Untuk itu terkait masalah yang sering terjadi maka lebih memfokuskan pada diameter serta bentuk velocity air intake, diambil dari beberapa produk serta bentuk dengan dimeter yang berbeda dan dianalisis untuk mengetahui besarnya daya, torsi dan emisi gas buang yang dihasilkan. Analisa mengunakan program Ansys R15.0 serta pengujian langsung menggunakan alat Dynojet Model 250.
Hasil simulasi memperlihatkan besarnya unjuk kerja mesin yang terjadi pada masing-masing tipe velocity air intake. Model 1 menghasilkan Pressure, terbesar yaitu 3.22237 Pa, untuk model 3 sebesar 3.20159 Pa, model 3 sebesar 2.96637 Pa dan terakhir yaitu model 4 menghasilkan tekanan terkecil sebesarĀ 2.78105 Pa.
Hasil pengujian sepeda motor empat langkah 155 cc untuk tiap tipe velocity air intake mengunakan Dynojet memperlihatkan tipe1 pada putaran 7749 Rpm menghasilkan torsi maximal 12,21 N.m kemudian pada model 3 sebesar 6717 Rpm menghasilkan torsi 12,82 N.m, model 2 pada putaran 6677 Rpm menghasilkan torsi sebesar 12,51 N.m, kemudian pada model 4 pada putaran 6643 Rpm menghasilkan 11,20 N.m. torsi dan daya tertinggi di hasilkan pada model 1 sedangkan pada posisi terendah pada model 4
Copyright (c) 2020 Teknobiz : Jurnal Ilmiah Program Studi Magister Teknik Mesin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.